Yakovlev Yak-130 Mitten |
Pengembangan
Pada awal 1990an, pemerintah Soviet meminta beberapa industri di negara tersebut untuk mengembangkan pesawat baru untuk menggantikan jet latih buatan Ceko Aero L-29 Delfin dan Aero L-39 Albatros. Lima biro desain mengajukan proposal. Di antara mereka adalah Sukhoi S-54, Myasishchev M-200, Mikoyan MiG-AT, dan Yakovlev Yak-UTS. Pada tahun 1991, proposal lainnya ditolak dan hanya tersisa MiG-AT dan Yak-UTS .
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Desain
Yak-130 merupakan pesawat latih yang canggih, mampu meniru karakteristik pesawat tempur generasi ke-4 dan 5 Rusia . Hal ini dimungkinkan melalui penggunaan architecture digital avionics compliant dengan 1.553 Databus, kaca kokpit penuh digital, empat-channel digital Fly-By-Wire System (FBWS) dan Instruktur kendali dan variabel penanganan karakteristik dan simulasi FBWS yang tertanam. Jenis ini juga memiliki Head-up display (HUD) dan Helmet-Mounted-Sighting-System (HMSS), dengan penerima GPS / GLONASS ganda memperbarui Sistem Referensi Inertial (IRS) untuk navigasi yang sangat akurat dan penargetan yang presisi. Pabrikan memperkirakan bahwa pesawat bisa mencakup 80% dari keseluruhan program pelatihan penerbangan.
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Selain peran sebagai pesawat latih, pesawat ini mampu menjalankan tugas sebagai penempur ringan dan pengintai. Yak-130 dapat membawa beban tempur seberat 3.000 kilogram (6.600 pon), yang terdiri dari berbagai senjata terpandu dan tak terpandu, tangki bahan bakar tambahan dan cantelan elektronik. Menurut Konstantin Popovich, kepala perancang, selama fase pengujian yang berakhir pada bulan Desember 2009, pesawat itu telah diuji dengan "semua senjata pesawat udara dengan berat hingga 500 kg yang ada dalam Angkatan Udara Rusia". Yak-130 memiliki sembilan hard poin . Dua di ujung sayap, enam di bawah sayap dan satu di bawah pesawat
Yakovlev Yak-130 Mitten |
mesin kembar pesawat ini dipasang di bawah pangkal sayap. Dua Ivchenko menghasilkan AI-222-25 Full Authority Digital Engine Control (FADEC) menghasilkan total gabungan daya dorong 49 kilonewtons (11.000 pound-force). mesin Upgrade, "-28" juga ditawarkan, meningkatkan daya dorong himgga 53 kN (12.000 lbf). Pada Berat Take-Off normal 7.250 kg (15.980 lb), rasio Thrust-to-Weight 0,70 dicapai dengan mesin "-25", atau Thrust-to-Weight 0.77 dicapai dengan mesin "-28". Sebanding dengan 0,65 untuk BAE Systems Hawk 128 dan 0,49 untuk Aero Vodochody L-159B.
Maksimum kapasitas bahan bakar internal adalah 1.700 kg (3.700 lb). Dengan dua tangki bahan bakar tempur eksternal jumlahnya meningkat menjadi 2.600 kg (5.700 lb). Maksimum kecepatan udara adalah Mach 0,93 (572 knot), capaian tertinggi adalah 12.500 meter (41.000 kaki) dan beban adalah dari -3 ke 9 g. Kecepatan Take-Off dan jarak dalam konfigurasi "bersih" adalah 209 km / jam (113 kn) dan 550 m (1.800 kaki), sementara landing 191 km / h (103 kn) dan 750 m (2.460 kaki).
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Varian
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Pesawat latih canggih berbasis kursi ganda.
Yakovlev Yak-131
pesawat tempur ringan untuk menggantikan Su-25. Versi ini akan memiliki lapisan pelindung kokpit dan mesin, senjata GSH-301, dan radar Phazotron Kopyo dengan mekanik atau elektronik pemindaian sinar, atau Tikhomirov NIIP Osa passive phased array radar.
Yakovlev Yak-133
Pesawat tempur ringan untuk LUS. Proyek ini dibatalkan pada awal tahun 1990.
Yak-133IB
bomber tempur.
Yak-133PP
electronics countermeasure Platform.
Yak-133R
varian pengintai taktis.
Yakovlev Yak-135
Transport VIP empat kursi .
Negara- negara Operator
- Aljazair
Angkatan Udara Aljazair
- Bangladesh
Angkatan Udara Bangladesh telah memesan 16 pesawat. Rusia telah mengirimkan batch pertama dari 6 pesawat latih tempur Yakovlev Yak-130.
- Belarus
Angkatan Udara Belarusia
- Rusia
Angkatan Udara Rusia memiliki sekitar 79 dalam dinas militer pada 23 Desember 2015. 42 diantaranya ditempatkan di pangkalan udara Borisoglebsk, sementara 32 berada di pangkalan udara Armavir. Dua berada di akademi Penerbangan Zhukovski dan Gagarin di Voronezh.
RuAF memesanan 55 pesawat pada bulan Desember 2011, dengan batas waktu pengiriman pada tahun 2015. Pada Desember 2013, dua kontrak baru ditandatangani untuk pengiriman total 22. Sebuah kontrak baru untuk 30 pesawat ditandatangani pada bulan April 2016. Rusia memiliki total kebutuhan antara 72 sampai 200 pesawat.
- Myanmar
Jumlah tidak diketahui. Pengiriman akan dimulai dari Desember 2016
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Spesifikasi (Yak-130)
Ciri-ciri umum
Kru: 2 pilots
Panjang: 11.49 m (37 ft 8 in)
Rentang sayap: 9.72 m (31 ft 10 in)
Tinggi: 4.76 m (15 ft 7 in)
Luas sayap: 23.52 m² (253.2 sq ft)
Berat kosong: 4,600 kg (10,141 lb)
Berat isi: 6,350 kg (14,000 lb)
Berat maksimum saat lepas landas: 6,500 kg (14,330 lb)
Mesin: 2 × Klimov RD-35 turbofan, masing-masing 21.58 kN (4,852 lbf)
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Kinerja
Laju maksimum: 1,037 km/h (644 mph)
Laju jelajah: km/h (mph)
Laju henti: 165 km/h (103 mph)
Jangkauan: 2,546 km (1,582 miles)
Langit-langit batas: 13,000 m (42,660 ft)
Laju tanjak: 50 m/s (10,000 ft/min)
Beban sayap: 276.4 kg/m² (56.60 lb/sq ft)
Dorongan/berat: 0.68
Persenjataan
Yakovlev Yak-130 Mitten |
9 cantelan senjata untuk beragam senjata rusia untuk udara ke udara (jarak pendek dan menengah) dan bom terkendali maupun bom tanpa kendali
Tipe Advanced trainer / Light attack
Terbang perdana 26 April 1996
Diperkenalkan Juli 2009
Status Active
Pengguna utama Russian Air Force
Jumlah produksi 4 (60 units in production)
Harga satuan 15 million
Varian Alenia Aermacchi M-346
Yakovlev Yak-130 Mitten |
Sumber :
- en.wikipedia.org
- sputniknews.com
- nordenergi.org
- defence.pk
- republicbuzz.com
- czechairspotters.com
- russiadefence.net
- theaviationist.com
- defenseindustrydaily.com
- globaljetclub.com
- aereo.jor.br
- wp.scn.ru
- commons.wikimedia.org
Like the Post? Share with your Friends:-
0 comments:
POST A COMMENT