A-10 Thunderbolt |
dirancang untuk menyerang sasaran di darat, termasuk tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Pesawat A-10 hanya digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat dan direncanakan tetap dipakai sampai tahun 2028.
A-10 Thunderbolt |
A-10 Thunderbolt II memiliki spesialisasi sebagai pesawat tempur dukungan udara yang sudah dibuat pada awal 1970. Diproduksi oleh pabrikan pesawat Fairchild Republic, perusahaan yang didirikan pada tahun 1925 dan beberapa kali berpindah pemilik. Terakhir kali perusahaan ini dibeli oleh sebuah industri pertahanan Israel, Elbit Systems.
Senjata utama pesawat ini yaitu meriam rotary berat GAU-8 Avenger , sebuah meriam rotary terberat yang pernah dipasangkan pada suatu pesawat tempur. Beberapa bagian dari lambung pesawat dilapisi baja dengan total berat lebih dari 540 kg. Bagian-bagian tersebut dirancang untuk bisa terus berfungsi selama mungkin. Dengan perlindungan lapisan baja tersebut, diharapkan pesawat bisa tetap terbang meskipun telah mengalami kerusakan yang parah. Tak heran jika hingga sekarang Angkatan Udara AS masih mengoperasikan A-10 Thunderbolt II.
A-10 Thunderbolt |
Nama dibelakang A-10 diambil dari pesawat P-47 Thunderbolt, sebuah pesawat tempur yang sangat efektif sebagai dukungan udara pada masa Perang Dunia II. Di kalangan penerbangan tempur AS, A-10 Thunderbolt terkenal dengan julukan nama "Warthog" atau "Hog". Sebagai penempur udara untuk misi sekunder, pesawat ini menyediakan control udara ke garis depan dan membimbing pesawat tempur lainnya guna menyerang target di darat. Yang sering digunakan pada misi seperti ini adalah dari varian OA-10.
Latar Belakang Pembuatan
A-10 Thunderbolt |
Pada tahun 1966, Angkatan Udara AS membentuk Program A-X (Attack Experimental) yang dipimpin oleh Kolonel Avery Kay. Pada tanggal 6 Maret 1967, Angkatan Udara meminta kepada 21 perusahaan industri pertahanan untuk terlibat pada Program A-X ini. Tujuan dari program ini adalah melakukan studi untuk mendapatkan desain pesawat tempur serangan permukaan yang berbiaya murah.
A-10 Thunderbolt |
Akhirnya spesifikasi pesawat yang diinginkan adalah bahwa pesawat tersebut memiliki kecepatan maksimum 740 km/jam, dipersenjatai meriam mesin kaliber 30 mm, landasan lepas-landas 1.200 meter, angkutan eksternal hingga 7.300 kg, radius tempur 460 km, dan biaya per unit US$ 1,4 juta. Enam perusahaan mengajukan proposal untuk pesawat ini. Yang terpilih adalah prototip pesawat YA-9A buatan Northrop dan YA-10A buatan Fairchild Republic. Sedangkan General Electric dan Philco-Ford dipilih untuk mengembangkan dan menguji coba prototip meriam mesin GAU-8.
Pesawat YA-10A yang dibangun di Hagerstown, Maryland oleh Fairchild-Republic dan melakukan penerbangan perdana pada tanggal 10 Mei 1972 akhirnya terpilih untuk digunakan dalam Program A-X. Sedangkan General Electric terpilih untuk membuat meriam mesin GAU-8. Produksi pertama pesawat jet tempur A-10 Thunderbolt terbang pertama kali pada Oktober 1975 dan penyerahannya kepada Angkatan Udara AS dimulai pada Maret 1976. Total ada 715 unit A-10 Thunderbolt yang sudah diproduksi, terkahir kali diserahkan kepada Angkatan Udara AS pada tahun 1984.
A-10 Thunderbolt |
Karakteristik umum
Kru : 1
Panjang : 53 ft 4 in (16,26 m)
Lebar sayap : 57 ft 6 in (17,53 m)
Tinggi : 14 ft 8 in (4,47 m)
Area sayap : 506 ft ² (47,0 m²)
Airfoil : NACA 6716 akar, NACA 6713 tip
Berat kosong : £ 24.959 (11,321 kg)
Berat isi : £ 30.384 (13.782 kg)
- Pada Misi CAS : £ 47.094 (21.361 kg)
- Pada misi anti-armor : £ 42.071 (19.083 kg)
Berat maksimum saat lepas landas : £ 50.000 (23.000 kg)
Powerplant : 2 × General Electric TF34-GE-100A turbofan , masing-masing 9.065 lbf (40,32 kN)
Tidak melebihi kecepatan : 450 knot (518 mph, 833 km / h) pada 5.000 kaki (1.500 m) dengan 18 bom Mk 82
Kecepatan maksimum : 381 knot (439 mph, 706 km / h) di permukaan laut
Kecepatan jelajah : 300 knot (340 mph, 560 km / h)
Kecepatan minimal : 120 knot (138 mph, 220 km / h)
Jangkauan tempur :
- Pada Misi CAS ; 250 nm (288 mil, 460 km) pada 1,88 jam di 5.000 kaki (1.500 m), 10 menit tempur
- Pada misi anti-armor : 252 nm (290 mil, 467 km), 40 nm (45 mil, 75 km)) permukaan laut penetrasi dan keluar, 30 menit tempur
Jangkauan maksimum feri : 2.240 nm (2.580 mil, 4.150 km) dengan 50 knot (55 mph, 90 km / h) headwinds, 20 menit cadangan
Batas ketinggian terbang : 45.000 ft (13.700 m)
Laju tanjak : 6.000 ft / min (30 m / s)
Beban sayap : £ 99 / ft ² (482 kg / m²)
Dorongan / berat : 0,36
Sumber :
- en.wikipedia.org
- commons.wikimedia.org
- youtube.com
- sf.co.ua
Like the Post? Share with your Friends:-
0 comments:
POST A COMMENT