MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek | Pecinta Militer Pecinta Militer: MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Thursday, 22 September 2016

MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek


MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral
Mistral adalah sebuah peluru kendali berpenuntun infra merah buatan Prancis. Rudal permukaan-ke-udara ini dirancang pada tahun 1974 dan mulai digunakan tahun 1988. Rudal ini dapat diluncurkan dari pasukan infanteri, kapal, maupun kendaraan yang telah mengalami modifikasi. Rudal anti pesawat 'fire and forget' Mistral 2 ini dilengkapi dengan motor roket propelan padat dua tahap dirancang dan dikembangkan oleh Snecma Propulsion Solide berbasis di Paris, menggunakan EURENCO
(sebelumnya SNPE) berisi propelan (yaitu bahan kimia yang digunakan dalam produksi energi dan gas bertekanan yang digunakan untuk membuat gerakan fluida atau untuk menghasilkan propulsi kendaraan atau proyektil atau benda lain).
Rudal ini dipersenjatai dengan hulu ledak 3kg berdaya ledak tinggi  sarat dengan proyektil  bola tungsten. Hulu ledak, Disuplai oleh Manufacture de Machines du Haut Rhin SA, yang berbasis di Mulhouse, Prancis, dilengkapi dengan contact fuse, laser proximity fuse and a time delay self-destruct device, yang berfungsi supaya misil tersebut dapat meledakkan diri saat berada dekat dengan target.

MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral

Pengendalinya adalah dengan homing inframerah pasif menggunakan waveband dari indium arsenide detector array yang beroperasi di tiga sampai lima mikron, mana apa yang dikembangkan oleh SAT, sekarang Safran (penggabungan Sagem dan Snecma), di Paris.
MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral

Mistral coordination post (MCP)
Memungkinkan koordinasi, pengendalian dan pemantauan siang dan malam hingga 12 sistem MANPADS, unit penembakan ALBI atau ATLAS. MCP dipasang pada kendaraan lapis baja ringan seperti kendaraan Panhard VBL 4 × 4 atau offroad ringan. MCP sedang dalam pemakaian dengan negara-negara NATO dan telah dipesan oleh Oman.

Peluncur Mistral 2 ALBI

MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral
ALBI adalah peluncur kembar pos pembakan untuk rudal Mistral 2  yang diluncurkan oleh Matra BAE Dynamics pada tahun 2000. pelanggan pertama ALBI adalah Kesultanan Oman, yang memesan sistem tersebut pada bulan November tahun 2000. Pos penembakan diinstal pada turet yng dapat ditarik, yang terpasang pada kendaraan lapis baja.
Sistem ALBI untuk Oman akan dipasang di Panhard VBL kendaraan lapis baja ringan. Sistem ini dapat dioperasikan dan diatur oleh penembak tunggal dan dapat dilengkapi dengan pembidik  thermal imaging.

Peluncur Mistral 2 Atlas
Diluncurkan pada awal 1990an, Atlas adalah
MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral
peluncur kembar untuk sistem pertahanan udara Mistral dan telah dirancang untuk Memberikan mobilitas, fleksibilitas, kekuatan tembak yang tinggi dan otonomi  yang lebih besar dan dapat diinstal pada berbagai kendaraan dengan mobilitas tinggi atau digunakan pada versi tumpuan. Sistem ini dapat dioperasikan dalam waktu kurang dari lima detik dan telah direkayasa untuk ditembakkan dalam waktu kurang dari lima detik

Rudal mistral digunakan oleh beberapa negara seperti Austria, Brazil, Chili, Kolombia, Siprus, Estonia, Finlandia, Prancis, Hungaria, Indonesia, Maroko, Selandia baru, Norwegia, Oman, Pakistan, korea selatan, Singapura, Afrika selatan, Spanyol, dan Venezuela. Dari sekitar 2000 rudal permukaan-ke-udara yang telah diluncurkan, 95% mengenai targetnya. MBDA Mistral versi laut dengan dua peluncur disebut Simbad dan dengan empat peluncur disebut Tetral.

Negara-negara Operator :
- Austria
- Brasil
- Belgia
- Chili
- Kolombia
- Siprus
- Ekuador
- Estonia
- Finlandia
- Perancis
- Hongaria
- Indonesia
- Iran
- Morocco
- Selandia Baru
- Norwegia
- Oman
- Philippines
- Pakistan
- Qatar
- Republik Korea
- Singapura
- Afrika Selatan
- Spanyol
- Thailand
- Venezuela
- Israel
MBDA Mistral - Rudal Anti Pesawat Jarak Pendek
MBDA Mistral

Tipe    : Manportable surface-to-air missile
Negara asal    : France
Masa penggunaan    : 1988 - sekarang
Perancang    : MBDA
Tahun                      : 1974
Produsen                   : MBDA

Spesifikasi   :
Panjang    : 1.86 m
Diameter    : 90 mm
Operator :    1
Jarak efektif    : 5.3 km (effective against helicopters at up to 4 km)
Hulu ledak    : High Explosive
Hulu ledak    : 2.95 kg
Mekanisme ledakan :  Laser proximity or impact triggered
Jenis Mesin    : Solid Rocket Motor
Kecepatan    : 800 m/s, approx. Mach 2.6 (high supersonic)
Sistem penuntun    : Infrared homing

Sumber :
- wikipedia.org
- armyrecognition.com
- defense-update.com
- twitter.com
- areamilitar.net
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |