WZ-10 - Helicopter Serang China | Pecinta Militer Pecinta Militer: WZ-10 - Helicopter Serang China
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Friday, 9 September 2016

WZ-10 - Helicopter Serang China

WZ-10 - HelicopterSerang China
WZ-10
Adalah helikopter serang produksi perusahaan Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC). WZ adalah singkatan dari Wuzhuang Zhishengji yang dalam terjemahan bebas diartikan sebagai Helikopter Bersenjata. Dalam beberapa tulisan, helikopter tempur WZ-10 disebut dengan nama lengkap CAIC WZ-10. Misi utama helikopter serang ini yaitu  sebagai penghancur tank dan kendaraan lapis baja lainnya, selain memiliki kemampuan tempur udara yang terbatas.
WZ-10 memiliki konfigurasi helikopter serang konvensional, pilot dan operator sistem senjata
duduk di dalam kokpit bersusun sejajar dan bertingkat. Rotor utama berbilah lima, dengan empat bilah rotor ekor . Heli ini menggunakan dua mesin dengan persenjataan terpadu yaitu cannon kemungkinan kaliber 30 mm yang dipasang di dagu dan dua hardpoint pada bagian sayap untuk menempatkan persenjataan eksternal.
Dilihat dari tampilannya, dua atau empat rudal anti-tank kemungkinan besar mampu dibawa helikopter ini, mungkin menggunakan rudal anti-tank jenis HJ-9 yang setara dengan rudal TOW Amerika serikat. Ada kemungkinan helikopter ini juga dapat membawa rudal baru yaitu HJ-10. Jelas, ini akan meningkatkan kemampuan anti-tank WZ-10 secara signifikan, karena HJ-10 diyakini setara dengan rudal Hellfire Amerika serikat.
Awalnya prototipe WZ-10 didukung oleh mesin PT6C-76C Kanada,tetapi untuk versi produksi cenderung menggunakan mesin WZ-9. WZ-10 pernah diperkirakan memiliki dua MTR Eropa 390 turboshafts. Awalnya ada spekulasi bahwa desain yang digunakan untuk pembangkit listrik dan transmisi berasal dari Harbin Z-9, dengan modifikasi untuk mengakomodasi dua pilot. N

Dua sayap di sepanjang badan pesawat yang kira-kira 4,32 meter panjang dapat membawa sekitar 1.500 kilogram amunisi, termasuk roket multibarrel 57,0 mm, rudal anti tank Red Arrow . Sebuah senapan mesin 23 mm di depan helikopter. helikopter dapat membawa hingga 8 ATGMs, atau AAMs jarak pendek dengan kendali IR.
WZ-10 - HelicopterSerang China
WZ-10

Navigasi dan avionik mungkin berasal dari sumber-sumber di dalam negeri. WZ-10 dilengkapi dengan FLIR sehingga memungkinkan sebuah operasi di segala cuaca. Sistem navigasi terdiri dari radioaltimeter, radar doppler dan GPS. Sistem pengendalian tembakan mirip dengan Starry Night digital integration design, Perancis. Beberapa laporan menunjukkan bahwa WZ-10 memiliki sistem optik yang menyampaikan sensor informasi ke helm pilot, dasarnya sistem yang mirip dengan Integrated Helmet and Display Sighting System (IHADSS) buatan Amerika. Sistem helm juga mengontrol arah sasaran senapan mesin. Hal ini memungkinkan pilot untuk memiliki peningkatan kewaspadaan terhadap situasi karena mereka dapat memonitor sistem penerbangan dan mengamati medan.
WZ-10 dilengkapi dengan sistem peringatan radar dan dengan sistem yang akan memperingatkan para kru jika mereka telah menjadi target laser range finders. Helikopter ini juga dilengkapi dengan penanggulangan pasif dan dalam upaya untuk mengurangi kemungkinan menembak sesama teman dilengkapi dengan IFF. WZ-10 telah memodifikasi mesin saluran pembuangan untuk mengurangi daya tangkap Infra Red helikopter. kaca antipeluru kabin mampu menahan amunisi 7,62 milimeter dan baja komposit bawah kabin mampu menahan  tembakan  senapan mesin 12,7 milimeter. WZ-10 juga dilengkapi dengan kursi lontar mirip dengan Ka-50.
WZ-10 - HelicopterSerang China
WZ-10
Proses pengembangan WZ-10 sebagai helikopter tempur mempunyai sejarah yang cukup panjang. Secara resmi tahap pengembangannya dimulai pada tahun 1998, Tapi perjalanan untuk mengembangkan helikopter tersebut sebenarnya sudah dimulai sejak akhir dekade 1970an. Saat itu China telah membeli 8 unit helikopter Aerospatiale Gazelle yang dipersenjatai dengan HOT Euromissile yang nantinya akan di evaluasi. Selain Aerospatiale Gazelle, China juga sudah mengevaluasi Agusta A129 Mangusta pada pertengahan 1980an . Namun proses mengimpor desain dari negara lain terpaksa terhenti akibatt tragedi Lapangan Tiananmen pada tahun 1989 yang menyebabkan embargo senjata dari banyak negara untuk China. Bahkan Rusia dan Bulgaria juga menolak tawaran China untuk membeli helikopter Mil Mi-24.

Tidak ada jalan lain, militer China akhirnya harus mengembangkan helikopter tempurnya sendiri. Dana dengan jumlah hampir ¥ 4 miliar diinvestasikan WZ-1 menjadi salah satu program yang paling penting dalam rencana kerja 5 hingga 9 tahun. Program ini benar-benar diliputi kerahasiaan yang ketat, melebihi kerahasiaan program pengembangan jet tempur J-10 Chengdu.

Setelah melalui banyak proses panjang, akhirnya prototipe pertama helikopter WZ-10 berhasil terbang perdana pada 29 April 2003 di lapangan terbang Lumeng, China. Namun ada beberapa versi tentang kepastian tanggal penerbangan perdana ini. Beberapa sumber di China mengatakan bahwa uji coba terbang perdana WZ-10 dilakukan pada tanggal 17 Desember 2003, sedangkan sumber lain melaporkan bahwa penerbangan perdana sebenarnya sudah dilakukan pada Maret 2003.
WZ-10 - HelicopterSerang China
WZ-10

Dalam banyak hal, WZ-10 bisa disetarakan atau satu kelas dengan helikopter tempur Rooivalk AH-2 dan A-129 Mangusta, walaupun masih di bawah level AH-64 Apache.

Spesifikasi
Karakteristik umum

    Kru : 2
    Panjang : 14.15 m
    Diameter rotor : 13,0 m
    Tinggi :  3.85 m
    Berat kosong  : 5.540 kg
    Berat dengan beban :  7.000 kg
    Beban yang dibawa : 1.500 kg
    Max. berat lepas landas : 7.000 + kg
    Powerplant : 2 × WZ-9 turboshaft  , masing-masing 1000 kw (1.350 shp)

Prestasi

    Kecepatan maksimum : 300 + km / jam
    Cruise speed : 270 + km / jam
    Rentang : 800 + km 
    Layanan langit-langit : 6.400 m
    Tingkat panjat : lebih dari 12 m / s
WZ-10 - HelicopterSerang China
WZ-10
Persenjataan

   - Senjata: 23 mm atau 30 mm meriam dipasang di dagu turret (opsional 30 mm atau 40 mm peluncur granat otomatis, atau 14,5 mm Gatling gun )
   - Cantelan : 4
   - Rockets: 57 mm, 90 mm multi-barrel roket terarah

    Rudal :
        - HJ10 Rudal udara ke permukaan / anti tank / anti rudal helikopter. ADK10 dilaporkan menjadi nama resmi dari HJ10.
        - Rudal HJ-8 , HJ-9
        - TY-90 Rudal udara-ke-udara
        - PL-5 , PL-7 , PL-9 Rudal udara-ke-udara

Avionik

    -YH gelombang milimeter radar kontrol Tembakan
    -Helm dipasang teropong dengan kacamata night vision
    -BM/KG300G HJ10 jamming pod perlindungan diri
    -Blue Sky navigasi pod
    -KZ900 pengintaian
    -YH-96 peperangan elektronik Suite

Sumber :
- en.wikipedia.org
- youtube.com
- defence.pk
- en.people.cn
- globalsecurity.org
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |