PingMyLinks.com - FREE Website Submission Dragunov SVD - Sniper Rifle | Pecinta Militer Pecinta Militer: Dragunov SVD - Sniper Rifle />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Monday 26 September 2016

Dragunov SVD - Sniper Rifle



Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD
Senapan semi otomatis rancangan  Evgeniy Fedorovich Dragunov di Uni Soviet pada tahun 1958 sampai 1963 yaitu Senapan Runduk Dragunov (bahasa Rusia: Снайперская винтовка Драгунова, Snayperskaya Vintovka Dragunova, disingkat jadi SVD),  senapan pertama yang dibuat khusus untuk para penembak jitu, banyak dijumpai di negara-negara bekas Blok Timur, negara-negara pecahan Uni Soviet, Timur

Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD
Tengah, dan negara-negara lain yang mempunyai hubungan baik dengan Uni Soviet / Rusia seperti India, Vietnam, dan Venezuela. Senapan ini juga diproduksi secara lokal di India, China, dan Iran.

Sejarah Pembuatan
Pada tahun 1950an, militer Uni Soviet mulai menyadari pentingnya senapan yang akurat untuk digunakan pada tingkat peleton. Pada tahun 1958 dibuka tender bagi para produsen senjata Soviet untuk membuat senapan baru ini. Dalam persaingan tersebut,  senapan yang dirancang tim yang dipimpin oleh Evgeniy Fedorovich Dragunov menjadi pemenang tender dan pada tahun 1963, SVD resmi mulai dipakai oleh Angkatan Darat Uni Soviet.
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD

Modernisasi
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD
Pada awalnya SVD memiliki furnitur (popor, pegangan belakang, dan pegangan depan) yang terbuat dari kayu yang terlaminating yang tujuannya selain supaya tampil menarik, juga untuk melindungi kayu yang dilapisinya. Tetapi pemberian laminating ini memiliki kelemahan yaitu akan menyala dengan warna kuning terang bila dilihat melalui teropong night vision.
Kemudian SVD masa kini dibuat dengan polimer hitam selain untuk mengurangi berat juga menghindari kelemahan tersebut di atas. Pada tahun 1990an, IZhMASh juga memodifikasi bagian dalam SVD supaya lebih kuat dan mempersiapkan SVD untuk diekspor dalam berbagai kaliber yang lain.
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD

Operasional
Pada era Uni Soviet, setiap regu mendapatkan satu SVD. Prajurit yang dipersenjatai SVD biasanya sudah dilatih khusus untuk mengoperasikan senapan ini. Prajurit tersebut bergerak bersama-sama dengan regunya dengan maksud untuk menambah  jarak jangkauan mereka sampai 600 meter. Tanpa SVD, jarak efektif regu infanteri ini hanya sampai 300 meter, karena jangkauan AK-47 kecil. Dilihat dari perannya, SVD secara teknis bukan merupakan senapan penembak runduk, tetapi senapan penembak jitu.
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD
Dirancang untuk menambah jarak jangkauan regu, senapan ini dibuat kuat dan tahan banting, terlihat dari adanya tempat untuk pemasangan bayonet, serta bidikan besi cadanganjika alat bidik teleskopnya rusak. Kehandalan senapan ini masih diakui sampai sekarang dan masih dipakai di Angkatan Bersenjata Rusia dan satuan penegak hukum Rusia.
Senjata ringan buatan Soviet secara umum terkenal sangat awet, dibuktikan dengan banyaknya SVD yang secara luas dipakai dengan karier yang panjang. Senapan ini sering digunakan dalam berbagai konflik diseluruh dunia, antara lain Perang Vietnam, Chechnya, Perang Teluk, Perang Irak, hingga Konflik Libya.
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD

Snayperskaya Vintovka Dragunova
Tipe    Senapan runduk
Negara asal    Uni Soviet
Masa penggunaan    1963–
Perancang    Evgeniy Fedorovich Dragunov
Tahun    1958–1963

Spesifikasi
Dragunov SVD  -  Sniper Rifle
Dragunov SVD
Berat    4,31 kg (kosong)
Panjang    1.225 mm
Panjang laras    610 mm
Peluru    7,62 × 54 mmR
Mekanisme    Operasi gas
Kecepatan peluru    830 m/s
Jarak efektif    800 m
Jarak jangkauan    1.300 m
Amunisi    Magazen box 10-butir
Alat bidik    Teleskop/Scope zoom PSO-1


Sumber :
- en.wikipedia.org
- kompasiana.com
- dragunov.net
- tumblr.com
- world.guns.ru
- deviantart.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |