PingMyLinks.com - FREE Website Submission Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu | Pecinta Militer Pecinta Militer: Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Monday 19 September 2016

Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu

Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74
AK-74 adalah senapan serbu modernisasi dari AKM. Senapan ini menggunakan peluru yang lebih kecil dengan kaliber 5.45 x 39 mm. Pertama kali dibuat tahun 1974 dan mulai diproduksi massal pada tahun 1976. Varian terbaru senapan ini, AK-74M, adalah senapan serbu standar angkatan bersenjata Rusia sejak awal tahun 1976an.


 
 

Garis besar
Saat kemunculannya pertama kali, senapan ini diperkirakan  akan diproduksi secara terbatas, hanya untuk pasukan khusus. Tapi ternyata Uni Soviet memproduksi massal untuk menggantikan senapan standar sebelumnya, yaitu AKM.
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74
Tidak berbeda dengan pendahulunya, AK-47 dan AKM, AK-74 menggunakan magazen, memiliki selektor tembakan (selective-fire), dengan kaliber peluru menengah, dan menggunakan sistem gas. Receiver stamping logam AK-74 serupa dengan AKM. Perbedaan paling jelas AK-74 dengan AKM adalah muzzle brake-nya, yang dirancang untuk semakin meminimalisir tendangan balik. Dan produksi terbaru AK-74 memiliki railing di sisi kiri untuk pemasangan aksesori seperti bidikan optik semacam teropong PSOP-1,aimpoint cobra, dan lain sebagainya.
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74
Awalnya AK-74 menggunakan popor yang terbuat dari kayu yang dilaminating, tapi kemudian produksi selanjutnya, beserta varian AK-74M, menggunakan polimer hitam, yang membuat seluruh senapan berwarna hitam. magasen AK 74 terbuat dari bakelite yaitu semacam plastik yang pada awalnya berwarna orange, lalu hitam kemerahan, dan hitam.
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74

Pemakaian
Selain negara-negara pecahan Uni Soviet dan Blok Timur seperti bekas Jerman Timur dan Bulgaria, AK-74 juga banyak dipakai oleh negara-negara lainnya, khususnya negara-negara yang sebelumnya memakai seri AK-47, baik secara umum maupun terbatas untuk pasukan khusus seperti Korea Utara untuk pasukan khususnya, serta marinir Vietnam. Seperti AK-47, AK-74 juga diproduksi di luar
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74
Rusia secara ilegal, maupun dengan lisensi. Sebagai contoh, Yugoslavia memproduksi senapan ini dengan lisensi dan diberi nama M80, senapan ini akhirnya banyak digunakan saat konflik yang terjadi di negara itu pada tahun 1990an, sampai sekarang senapan itu masih dipakai di negara-negara pecahan Yugoslavia. Versi semi-otomatis AK-74 juga populer dalam pemakaian oleh pemilik senjata sipil di Amerika Serikat. Selain itu, AK-74 rampasan juga banyak dipakai oleh Mujahidin, Taliban, dan Al-Qaeda di Afganistan.
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74

Varian
Varian AK-74 cukup banyak . Dan secara garis besar, inilah beberapa varian yang dibuat berdasarkan lisensi di Rusia :

*AKS-74
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74


*AKS-74 ("S" – Skladnoy (bahasa Rusia), artinya : Lipat) adalah varian AK-74 dengan popor lipat samping berbahan metal dengan bentuk "U" dan tidak dilengkapi dengan bantalan (pad) pada ujung popornya. Popor lipat jenis baru ini dibuat dari lembaran metal yang dicetak dan lebih unggul jika dibandingkan dengan popor AKMS yang menggunakan basis popor pistol mitraliur (sub machinegun) MP40.

*AKS-74U

*AKS-74U (U—Ukorochenniy, artinya : Diperpendek) adalah senapan serbu karabin (pendek) varian *AKS-74 buatan Uni Soviet yang dikembangkan pada tahun 1979 oleh Izhmash.

*AK-74M
*AK-74 varian terbaru dengan furnitur polimer. Pada tahun 1991 pabrik Izhmash di Izhevsk memulai produksi massal dari senapan AK-74 yang sudah dimodernisasikan menjadi AK-74M (huruf M bermakna Modernisasi, dalam bahasa Rusia : Modernizirovanniy). Senapan model baru ini
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74
mempunyai banyak keunggulan dari pendahulunya. Moncong laras diperbaharui untuk meningkatkan performa dan untuk ketahanan terhadap debu dan kotoran. Senapan ini juga dilengkapi dengan rel dibagian samping sebagai dudukan untuk alat bidik optik dan lainnya. Sedangkan di bagian popor menggunakan bahan polimer hitam dengan model popor AK-74, dan dapat dilipat seperti model popor AKS-74. Saat ini penggunaan senapan sudah dipakai secara luas di federasi Rusia.

*RPK-74 versi senapan mesin ringan.
Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
RPK-74

*AK-74

Kalashnikov AK 74 - Senapan Serbu
Kalashnikov AK 74

Tipe              :   Senapan serbu
Negara asal  :  Uni Soviet
Masa penggunaan  :  1974 –
Perancang  :   Mikhail Kalashnikov
Tahun         :    1974
Varian         :   AK-74M, AKS-74, AKS-74U, RPK-74
Spesifikasi
Berat          :    3,3 kg
Panjang      :   943 mm
Panjang laras  :  415 mm
Peluru         :      5,45 x 39 mm
Mekanisme    :   Operasi gas, bolt berputar
Rata² tembakan  :  600 – 650 butir/menit
Kecepatan peluru  :  900 m/s
Jarak efektif   :    500 m
Amunisi     :      Magazen box 30-butir
Alat bidik   :       Bidikkan besi


Sumber :
- en.wikipedia.org
- insurgency.wikia.com
- 1zoom.net
- rusmilitary.com
- army-technology.com
- russianlegacy.com
- mfiap.com
- pinterest.com
-  ar15.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer
Comment Using

Comment Policy : We’re enthusiastic to see your comment. However, Please Keep in mind that all comments are moderated manually by our human reviewers according to our comment policy, and all the links are nofollow. Using Keywords in the name field area is forbidden. Let’s enjoy a personal and evocative conversation.

4 comments:

  1. Hi, yeah tһis post is in fact nice and I һave learned ⅼot of things fropm
    it cⲟncerning blogging. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you for visiting and coment, i always try to give the best in wsearching datas, writing and posting. Even i know it still not so perfect so far..

      Delete
  2. Hmmm it seеmѕ like your site ate my fіrst cⲟmment (it ᴡaѕ super
    long) so I guess I'll just sսm it up wһat I wrote andd say, I'm
    thorougһly enjoying your blog. I toօ am ann aspiring blog blogger ƅut I'm
    stiill new tо thе whoⅼe thing. Ꭰо yoᥙ һave any helpful hints
    foor fiгst-time blog writers? Ι'd genuinely
    appreciate it.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you my friend, and sorry for being late to reply your comment. well, i also still learn how to be a good blog writter, but the important thing is, that we should collect as much as possible the trusty referencees and sort it all to be the good quality article. hope you can be a succeess blog writter my friend. :)

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |