SARSKILDA OPERATIONSGRUPPEN (SOG) - Pasukan Khusus Swedia | Pecinta Militer Pecinta Militer: SARSKILDA OPERATIONSGRUPPEN (SOG) - Pasukan Khusus Swedia
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Wednesday, 13 July 2016

SARSKILDA OPERATIONSGRUPPEN (SOG) - Pasukan Khusus Swedia

Särskilda Operationsgruppen / SOG
Tradisi kemiliteran Swedia bisa dibilang sangat tua dan kuat berakar. Beberapa abad lalu dimana unit-unit tentara bayaran menjamur di Eropa,  AD Swedia tetap bertahan dan dapat menunjukan profesionalismenya.
Setelah sekian lama menganut sistem di mana rekrutrnen prajurit mengandalkan wajib miiter sebagai salah satu sumber utamanya seperti umum diterapkan oleh negara-negara Eropa, kini Swedia tengah menjalani masa transisi menuju transformasi. Kelak seluruh prajurit AD Swedia merupakan prajurit karier atau yang direkrut melaiui jalur profesi bukan lagi
wajib miiter. Tak terkecuali unit-unit pasukan khususnya.Di antara berbagai pasukan khusus di Eropa, Särskilda Operationsgruppen atau biasa disingkat SOG ini terbilang baru. Unit yang dalam bahasa Inggris diterjemahkan sebagai Special Operations Task Group ini persisnya baru dibentuk pada 2011 sebagal hasil penggabungan Särskilda Skyddsgruppen (Special Protection Group) atau SSG dan Särskilda lnhamtningsgruppen (Special Reconnaissance Group) atau disingkat SIG.

Särskilda Operationsgruppen / SOG
Unit ini berkantor pusat di Karlsborg, Benteng Karlsborg, Västra Götaland County. Sebelumnya, reorganisasi pendahuluan sudah dilakukan pada 1994 tatkala SSG dilebur dengan SIG, dengan nama yang dipakai tetap SSG. Namun eksistensi SSG baru hasil peleburan itu haru dibuka untuk konsumsi publik pada 1997. Diduga jeda waktu tersebut dirnaksudkan untuk konsolidasi organisasi dan taktik doktrinal yang tentunya ikut dirombak pasca reorganisasi.
Särskilda Operationsgruppen / SOG
Kerahasiaan adalah bagian dari pasukan khusus ini. Media massa hingga media resmi pemerintah Swedia amat pelit berbagi info detail tentang SOG. Jangan harap bisa mendapatkan data tentang daftar senjata dan jumlah personelnya, materi pendidikan dan latihannya saja amat sulit diperoleh. Kalaupun ada yang beredar, itu sesungguhnya merupakan  materi yang dilatihkan pada kesatuan lintas udaranya yang sudah dikenal lebih dulu yaitu Fallskarmsjagarna (Swedish Airborne Ranger). Sedangkan materi latihan untuk SOG tentu lebih berat dan menantang lagi.
Särskilda Operationsgruppen / SOG
Walaupun baru terbentuk, SOG sudah merasakan ganasnya medan pertempuran. Sejumlah tim SOG sudah dirotasi secara bergiliran ke  Afghanistan. Keberadaan mereka mernang tidak dipublikasikan luas, bahkan cenderung ditutupi. Di Afghanistan, SOG melekat pada unit-unit patroli dan buru sergap ISAF (kontingen pasukan NATO dan Eropa untuk keamanan Afghanistan).
Särskilda Operationsgruppen termasuk pasukan berkemampuan reaksi cepat. Hanya butuh waktu hitungan jam untuk memberangkatkan tim kecil SOG bersenjata lengkap ke segala penjuru Swedia. Dan dalarn waktu kurang dan 12 jam sejak turunnya perintah, tim-tim SOG sudah siap diberangkatkan ke lokasi yang Iebih jauh lagi alias ke luar wilayah Swedia.
Salah satu kunci kecepatan reaksi SOG adalah rantai komando yang ringkas. Perintah komando hanya dipegang aleh dua pejabat penting yaitu panglima angkatan bersenjata Swedia alias Overbefaihavaren, dan komandan pasukan khusus Swedia (Forsvarsmaktens Specialforband). Personil Särskilda operationsgruppen secara khusus dipilih, dilatih dan dilengkapi unit untuk transportasi udara, laut dan darat, teknis, logistik dan dukungan medis. Sebagai contoh: Unit Khusus Transportasi Kelautan  (STE), Group Sinyal Khusus  (SSE) dan Bagian Teknologi Operasi Khusus (SOT).
SOG terdiri dari dua unit disebut unit respon (IE). IE1 berfokus pada tugas-tugas tempur (Direct Action ) dan IE2 berfokus pada pengumpulan Intelijen (Special Reconnaissance). Persyaratan untuk IE2 sedikit lebih rendah daripada untuk IE1. Di dalam IE2  juga terdapat operator intelijen wanita.
kesederhanaan proses perencanaan taktis dan eksekusi serta fleksibilltas dalam metode operasi di lapangan juga salah satu faktor SOG bisa digerakkan dalam waktu singkat. Masing-masing tim bertanggung jawab penuh atas pola operasi di lokasi misi. Jika di lokasi bersangkutan terdapat kendala yang menyebabkan perencanaan di markas saat sebelurn keberangkatan tidak bisa sepenuhnya dilaksanakan, pemimpin tim berhak bahkan wajib mengubah apa yang sudah direncanakan sebelumnya selama tidak melenceng dari tujuan utama misi. Perubahan tersebut bisa dan boleh dilakukan langsung tanpa harus menunggu instruksi dari markas besar.
Särskilda Operationsgruppen / SOG

Seperti disebutkan di atas, jumlah personel Särskilda Operationsgruppen yang sesungguhnya dirahasiakan. diperkirakan jumlah prajuritnya tidak melebihi  80-an personel, narnun juga tidak kurang dan 60 orang. Jumlah tersebut dibagi menjadi beberapa kelompok atau grup yang kerap disebut “troop”. Seliap troop terdiri dari tiga atau empat tim kecil yang masing-masing terdiri dan empat hingga enam operator.
Särskilda Operationsgruppen / SOG
Formasi SOG mirip saudara tuanya sebelum proses reorganisasi yaitu SSG dan SIG.
Sebuah tim SOG terdiri dari empat operator: Seorang pemimpin tim, seorang ahli peledak, operator radio dan seorang dokter tempur. Jika diperlukan, setiap patroli dapat ditambah dengan teknisi EOD , spesialis JTAC atau penembak jitu.
Unit-unit sebelum  SOG, yaitu SSG dan SIG, telah berpartisipasi dalam operasi di Balkan, Kongo, Chad dan Republik Afrika Tengah. pasukan khusus Swedia juga telah terus dikerahkan di Afghanistan sejak awal konflik sampai penarikan pasukan ISAF di 2014. Sejak 2015 kontingen yang berisi sekitar 30 operator dari SOG bersama dengan unit pendukungnya telah berpartisipasi dalam Resolve Inherent Operation, bertindak sebagai pelatih bagi pasukan Peshmerga Kurdi.
Lambang SOG sebagai berikut: Perisai hitam dengan bintang berujung enam di sudut kiri atas serta sebilah pedang ditengah perisai. Lambang ini dibuat oleh Dewan Tradisi Angkatan Bersenjata  dan melambangkan kemampuan unit untuk
Särskilda Operationsgruppen / SOG
pemecahan masalah yang tidak biasa, efektivitas tugas dan operasi klandestin, dan bintang diposisikan asimetris  melambangkan perang asimetris.
Lencana Unit , dipakai oleh masing-masing operator pada seragam tempur terdiri dari pisau Norse bersayap  dengan bintang berujung enam .
Personil dalam  Pasukan Operasi Khusus Swedia, SOG dan unit pendukungnya juga memakai baret hijau zaitun dengan lencana topi dibordir warna hitam.

Perekrutan
Proses seleksi bagi calon operator Särskilda operationsgruppen ditempuh dengan cara berjenjang dan terbuka bagi anggota Angkatan Bersenjata baik pria maupun wanita yang memenuhi syarat,  prajurit wanita yang diterima biasanya diarahkan untuk intelejen. Proses seleksi membutuhkan waktu dua minggu dan diadakan setahun sekali. Secara historis, calon anggota SSG, pendahulu SOG, dicari oleh unit dan diundang untuk mencoba pilihan. Seleksi untuk SOG diiklankan di situs Angkatan Bersenjata dan terbuka bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan dasar. Minggu pertama seleksi terdiri dari latihan bidang yang sangat melelahkan di mana calon diuji kebugaran mereka , kemampuan lapangan dan navigasi darat dan dengan tekanan tinggi selama menjalani test.  Minggu kedua terdiri dari tes psikologi, mirip dengan yang dilakukan untuk tes pilot pesawat tempur. Mereka juga diuji kecenderungan mereka untuk fobia, seperti fobia pada ketinggian dan ruang terbatas.
Jika lulus, para calon akan mengikuti Pendidikan, lama pendidikan diperkirakan berlangsung sembilan bulan hingga satu tahun, sebelum calon operator yang dinyatakan lulus dilantik menjadi anggota SOG. Para peserta seleksi berasal dan prajurit karier dan bukan wajib militer. Namun demikian peserta wajib militer yang berminat masuk SOG bisa melakukannya dengan mendaftar resmi masuk dinas ketentaraan Swedia dan menjalani proses hingga level perwira sebelum memasuki proses seleksi SOG.
Proses itu sendiri terbagi menjadi tiga tahapan atau fase besar yaitu basic combat skill, patrol and recon skill serta specialized skill. Di tahapan yang disebut terakhir itulah dilakukan penajaman dan fokus keahlian masing-masing personel. Sebagai negara yang beriklim dingin,  dalam kurikulum pelatihannya terdapat materi khusus keahlian bertempur di daerah dingin dan bersaiju.
Särskilda Operationsgruppen / SOG
Pelamar SOG tidak dibatasi dari AD Swedia saja,walaupun sejak dibentuk 2011 lalu peserta seleksi terbanyak masih dan AD Swedia . Para pelarnar boleh berasal dan berbagai kesatuan angkatan bersenjata Swedia, dengan catatan berasal dari unit tempur, bukan unit pendukung seperti logistik atau medik sekalipun operator SOG wajib memiliki kemampuan Combat medic dasar. Pembatasan latar belakang calon ini tentu tidak sekedar demi mencari yang terbaik, akan tetapi juga untuk mempercepat adaptasi calon dilingkungan barunya yang merupakan unit tempur strata tinggi. Alasan ini tidak hanya jika si calon diterima, tapi juga akan mempermudah dalam proses pelatihan.
Untuk mereka yang bertugas di bagian pendukung bisa disalurkan ke unit-unit pendukung pasukan khusus Swedia seperti logistik, tim dukungan teknis atau technical support (specialforbandsenheternatekniskt stod) hingga medical support (specialforbandsenheternasjukvard).
Beberapa kesatuan yang menjadi sumber bagi calon operator Särskilda Operationsgruppen  antara lain yaitu satuan ranger (jagarna), marinir (kustjagarna), airborne ranger (fallskarmsjagarna) atau kesatuan amfibi (amfibiekaren).
Dalam tahapan pendidikan SOG, ada fase di mana calon operator wajib mengikuti Fallskarmsjagarkolan atau Swedish Airborne Ranger School yang juga bermarkas di Karlsborg, tempat di mana SOG bernaung.
Para calon SOG hanya mendapatkan kesempatan satu kali saja. Jika mereka gugur di tahap mana pun, tidak bisa mengikuti seleksi  lagi di lain kesempatan.  Berbeda dengan sebagian pasukan khusus Eropa lainnya bahkan Amerika yang masih memperbolehkan para pelamar yang gugur untuk mencoba lagi di tahun berikutnya selama batasan usia maksimurn belum terlampaui.
Terbilang keras dan ketat memang, namun mungkin itulah yang paling pas untuk unit khusus yang karena iklim dan geografisnya yang ekstrern memikul tanggung jawab yang berat, luas, dan kompleks.

Särskilda Operationsgruppen / SOG
SYARAT KANDIDAT SOG
- Warga negara Swedia, diperbolehkan hasil natulaisasi sesuai ketentuan undang-undang.
- Sedang bertugas dalam dinas miiliter Swedia pada unit atau kesatuan tempur dan tidak terbatas pada AD Swedia saja. Sumber rekrutan SOG umumnya dari kesatuan ranger, marinir, airborne ranger atau kesatuan amfibi.
- Berlatar belakang prajurit karier profesional (bukan wajib militer).
- Usia maksimum tidak melebihi 30 tahun.
- Lolos seleksi kesehatan fisik dan mental standar angkatan bersenjata Swedia.
- Pria dan wanita, meski biasanya wanita lebih diarahkan dalam posisii intelejen.
- Belum pernah menjalani tes seleksi SOG sebelumnya.


Sumber :
- en.wikipedia.org
- Majalah COMMANDO
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |