Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia | Pecinta Militer Pecinta Militer: Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Monday, 18 July 2016

Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia


Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter
Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter
Mi-28N Havoc  adalah helikopter serang andalan standar AU Rusia yang menjadi saingan AH-64D Longbow Apache buatan Amerika dan memiliki berbagai keunggulan mulai dari kemampuan penyerangan dalam segala cuaca, operasi siang malam serta bermacam persenjataannya.
Pabrikan Mil masih mempertahankan konsep heli serang semi serbu seperti pada Mi-24 Hind, walaupun mengorbankan daya angkut personil dari delapan menjadi tiga, dan sifatnya hanya sebagai penolong untuk kondisi emergensi. Munculnya Mi-28N Havoc ini dipicu oleh kehadiran helikopter serang McDonell Douglas (kini Boeing) AH-64A Apache pertengahan dekade 1970an dan masuk dinas operasional di pertengahan dekade 1980an.
Dua pabrikan Soviet (waktu itu) kemudian membuat dua heli tandingan, yaitu Mil dengan Mi-28
Havoc dan Kamov dengan Ka-50 Hokum. Dari dua helikopter yang diajukan tersebut, Ka-50 yang berkursi tunggal dan berbaling-baling ganda terbukti lebih unggul, sehingga proyek Mi-28 tersingkir. kemudian pasca bubarnya Soviet tahun 1991, Mi-28 akhirnya diminta untuk berproduksi dan bersama dengan Ka-50 menjadi standar bagi Russian Air Force.  tahun 1995, Mil membuat pengembangan terbaru  membuat Mi-28N sebagai heli serang unggulan dengan kemampuan segala cuaca , siang dan malam (all weather, day and night capability). Mi-28 yang prototype pertamanya terbang tahun 1982, emudian tersingkir pada tahun 1984 ahirnya muncul kembali dengan fitur yang baru tahun 1996, Tahun 2003, AU Rusia menyatakan bahwa heli ini berhak masuk dalam jajaran AU Rusia dan Mi-28N mendapat julukan Night Hunter. (kode N bermakna Hunter). Heli ini didesain untuk operasi anti-lapis baja (anti-armour operation), penghancuran pertahanan musuh dan target keras bergerak seperti tank, kendaraan lapis baja dan kapal-kapal patroli.

Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter
Untuk melindungi penerbang dari tembakan musuh, kokpit Mi-28 dilapisi alumunium alloy setebal 10 mm dan diperkuat lagi dengan pelat keramik, sehingga tahan terhadap proyektil kaliber 20 mm. Sementara kaca pelindung angin (windshield) terbuat dari bahan kaca setebal 42 mm dan tahan terhadap tembakan proyektil 12,7 mm, kaca samping dengan ketebalan 22 mmtahan terhadap tembakan proyektil 7,62 mm. Baling-baling helikopter selain bersuara lebih halus, lima bilah baling-balingnya berbahan komposit yang mampu menahan gempuran proyektil kaliber 30 mm.
Posisi Gunner berada di kokpit depan dan pilot di kokpit belakang. Berbeda dengan Mi-24, alat kontrol penerbangan hanya di kokpit belakang (pilot),  para awak heli ini sudah dilengkapi dengan helm modern.
Dalam aksi penyerangan, pilot Mi-28N menurunkan heli mendekati target dengan kecepatan tinggi pada ketinggian tree top, kemudian memuntahkan amunisi dengan teknik rapid pop-up atau low-level dive attack. Untuk keselamatan pilot, heli dilengkapi kursi penyerap energi Zvezda Pamir-K. Kursi ini dapat mengurangi gaya gravitasi sebesar 58-60g menjadi hanya sekitar 12 G saja saat terjadi benturan crash landing, juga sistem pelepas baling-baling, sayap dan pintu kokpit.
Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter

Avionik dan Senjata

Salah satu perbedaan dengan varian pendahulunya adalah adanya silinder radar (kubah untuk NE, varian ekspor) di bagian  atas poros baling-baling seperti AH-64D Longbow Apache. Perangkat avionik yang memungkinkan Mi-28N mampu melaksanakan misi malam hari dan segala cuaca adalah BREO-28N, perangkat ini terintegrasi dalam layar MFD (masing-masing kokpit ada tiga), yang menyajikan informasi navigasi, data mesin, sistem persenjataan dan penargetan sasaran. Perangkat ini juga dilengkapi UOMZ TOES-520 yang terletak di bagian hidung, memungkinkan heli terbang pada ketinggian rendah di malam hari.
Ada lagi perangkat lain, yaitu OPS-28N Tor electro-optical system. Alat pengendus cuaca dan target ini terintegrasi dalam wadah  berbentuk drum yang terdapat pada hidung bagian bawah, alat ini mencakup sensor FLIR, TV dan Laser Finder serta dapat digerakkan di kisaran 110 derajat ke kiri dan kanan, 13 derajat keatas dan 40 derajat ke bawah.
Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter
Sebagai heli serang, Mi-28N dilengkapi dengan rudal anti-tank berpemandu Ataka-V (AT-9 Spiral-2), rudal berdaya jelajah 5,8 km ini sanggup menjebol lapis baja dengan tebal 850 mm (33,5 inch). Mi-28N mampu membawa 16 rudal Ataka-V. Mi-28N juga dilengkapi senjata tak berpemandu yang diletakkan di empat pylon di sayap heli. Masing-masing cantelan berkapasitas 480 kg. Senjata yang dibawa tersebut antara lain roket S-8 kaliber 80 mm dengan pod B8V-20 sebanyak 20 putaran ( maksimum membawa 80 roket), atau roket S-13 kaliber 122 mm dengan pod B13 maksimum muatan 20 roket.
Selain roket, pylon juga bisa digantungi pod senapan laras kembar Gsh-23 kaliber 23 mm 250 putaran. Persenjataan lainnya adalah KMGU-2 bomblet/ mine dispenser atau rudal udara ke udara 9M39 Igla-V, delapan rudal ini dapat dibawa dengan menggunakan empat peluncur kembar strelets untuk pertempuran heli atau menyerang UAV. Mi-28N juga dapat dilengkapi senapan Shipunov 2A42 kaliber kaliber 30 mm kapasitas 500 putaran. Senjata ini sejatinya diambil dari kendaraan tempur infanteri BMP-1 IFV.
Mil Mi-28N Havoc - Sang Pemburu Malam Andalan Rusia
Mil Mi-28N Havoc Night Hunter
Negara pengguna selain Rusia adalah AD Kenya. Sedangkan Venezuela dan Aljazair baru menyatakan minatnya.

 









Sumber :
- Majalah Angkasa No 7 April 2013/ TH XXIII
- en.wiipedia.org
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer
Comment Using

Comment Policy : We’re enthusiastic to see your comment. However, Please Keep in mind that all comments are moderated manually by our human reviewers according to our comment policy, and all the links are nofollow. Using Keywords in the name field area is forbidden. Let’s enjoy a personal and evocative conversation.

2 comments:

  1. Hey therе! I'vе been foⅼlowing youг web site fоr some
    time now and fіnally got thе bravery to g᧐ ahead and giᴠe yoս
    a shout oսt from Houston Texas! Just ԝanted to mention kеep up the gгeat job!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you my friend, i will try to give the best in my blog. Greetings from Indonesia :)

      Delete

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |