PingMyLinks.com - FREE Website Submission K-152 Nerpa (Akula II) - Kapal Selam Bertenaga Nuklir | Pecinta Militer Pecinta Militer: K-152 Nerpa (Akula II) - Kapal Selam Bertenaga Nuklir />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Monday 12 June 2017

K-152 Nerpa (Akula II) - Kapal Selam Bertenaga Nuklir


http://militerhebatdunia.blogspot.co.id/
K-152 Nerpa.  Foto : rediff.com
K-152 Nerpa (Rusia: К-152 «Нерпа») adalah sebuah kapal selam penyerang tenaga nuklir dari Proyek 971 Shchuka-B (NATO: Akula II). Proses pembuatan kapal selam ini sebetulnya telah dimulai sejak tahun 1991, tetapi sempat tertunda karena kekurangan dana. K-152 Nerpa telah diluncurkan pada bulan Oktober 2008 dan disewakan kepada Angkatan Laut India untuk jangka waktu 10 tahun pada tanggal 4 April  2012 dan diberi nama INS Chakra. Pengoperasian Kapal selam ini oleh AL India membuat India menjadi negara ke enam yang mengoperasikan kapal selam bertenaga nuklir setelah Amerika, Rusia, Perancis, Inggris dan China. Nerpa adalah bahasa Rusia yang berarti anjing laut Baikal, sedangkan chakra adalah  bahasa Sanskerta yang berarti piring, roda atau tenaga kisaran. Untuk mengoperasikan kapal selam tersebut, ABK dari AL India telah
menjalani latihan di dekat St. Petersburg dan sebagian pelaut yang lain tiba di Vladivostok pada penghujung tahun 2008 untuk menjalani latihan di laut. Latihan ini sangat penting bagi program kapal selam nuklir India, juga dikenal sebagai Advanced Technology Vessel.
http://militerhebatdunia.blogspot.co.id/
K-152 Nerpa

Ketika K-152 Nerpa sedang menjalani uji coba di Laut Jepang pada pukul 8:30 PM tanggal 8 November 2008, terjadi musibah yang menewaskan 20 orang akibat asfiksia dan mencederai 21 orang yang lain. Sekitar 208 orang terdiri dari 81 personil militer dan 127 orang sipil berada di dalam kapal saat kejadian itu berlangsung. Tiga orang yang tewas merupakan perwira militer dan selebihnya masyarakat sipil dari galangan kapal Vostok, Zvezda, Era dan Amur yang merupakan anggota tim penerima. Kejadian ini terjadi akibat sistem pemadaman kebakaran diaktifkan tanpa sengaja hingga menyebabkan dua kompartemen depan tertutup dan gas Freon-22
(klorodifluorometana) dibebaskan ke bagian terkait. Gas ini merupakan sejenis bahan penyejuk hidroklorofluorokarbon yang digunakan dalam sistem pemadaman kebakaran LOKh (lodochnaya obyemnaya khimischeskaya - "bahan kimia isi padu") AL Rusia.

Setiap bagian dalam kapal selam Rusia mempunyai stasiun LOKh yang dapat melepaskan gas tersebut ke bagian terkait atau bagian yang bersebelahan. Freon bertindak menggantikan oksigen, memungkinkannya untuk memadamkan api dengan pantas di ruang tertutup. Dalam konsentrasi tinggi zat dapat menyebabkan narkosis yang secara bertahap menyebabkan eksitasi, gangguan mental, kelesuan dan akhirnya asfiksia. Sistem yang sama dilaporkan mengalami malafungsi pada musim panas 2008 semasa persiapan untuk ujian lautnya.

Menurut orang-orang yang selamat, mereka yang terkena akibat pelepasan gas itu tidak sadar karena sirine peringatan hanya berbunyi setelah gas mulai dilepaskan. Sebagian korban dilaporkan tidak dapat memakai peralatan pernapasan sebelum lemas.

Akibat kejadian itu, kapal perusak kelas Udaloy Admiral Tributs dan kapal penyelamat Sayany dikirim dari Vladivostok untuk memberi bantuan kepada kapal selam tersebut. Korban yang cedera dipindahkan ke Admiral Tributs dan diantarkan ke rumah sakit militer untuk perawatan, sedangkan K-152 Nerpa kembali ke pangkalannya di Krai Primorsky. Menurut JuBir AL Igor Digaylo, kapal selam itu tidak rusak akibat kejadian tersebut dan tahap radiasi tetap normal.

Sejarah :

Russia Name: K-152 Nerpa
http://militerhebatdunia.blogspot.co.id/
K-152 Nerpa / INS Chakra
Namesake: Baikal seal
Builder: Amur Shipbuilding Plant, Komsomolsk-on-Amur
Laid down: 1993
Launched: October 2008
Commissioned: 2009
Fate: Transferred on lease to the Indian Navy, 4 April 2012
India
Name: Chakra
Commissioned: 4 April 2012
Homeport: Visakhapatnam
Status: in active service
Badge: INS Chakra Crest

PERFORMANCE :

NATO classification: Akula-II
Surface speed: 11.6 knots
Submerged speed: 30 knots
Operating depth: 520 meters
Test depth: 600 meters
Endurance: 100 days
Crew: 73 men

Spesifikasi Umum :
http://militerhebatdunia.blogspot.co.id/
INS Chakra. Foto courtesy : Indian Navy.jpg


Type: Nuclear-powered attack submarine
Displacement: 8,140 tonnes (8,010 long tons) surfaced
Length: 108.0–111.7 m (354.3–366.5 ft) (sources vary)
Beam: 13.5 m (44 ft 3 in)
Draught: 9.6 m (31 ft 6 in)
PROPULSION CONAG; nuclear reactor OK-650BZ (190 mW) and 43,000 shp gas turbine

ARMAMENT :
- 4 x 650-mm torpedo tubes
- 4 x 533-mm torpedo tubes

Sumber :
- en.wikipedia.org
- military.net
- rediff.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |