Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Pada tahun 2010 diumumkan bahwa produksi Il-76 modern, yaitu Il-76MD-90A (dikenal sebagai proyek Il-476 selama tahap perancangan) yang dikembangkan oleh Ilyushin Aviation Complex, sebuah anak perusahaan dari United Aircraft Corporation (UAC) akan dimulai, Sebuah lini produksi
baru yang diusulkan akan berlokasi di fasilitas Aviastar di Ulyanovsk, Rusia, dan dioperasikan bekerjasama dengan pabrik-pabrik Tashkent. Pada saat itu, pembangunan dua prototipe Il-76MD-90A telah dimulai di Fasilitas Ulyanovsk. Uji penerbangan dari IL-76MD-90A yang pertama berakhir pada bulan Januari 2013, dan pesawat tersebut menyelesaikan penerbangan perdananya pada bulan Maret 2013, tidak jauh dari Moskow. Selama test penerbangan, pesawat tersebut terbang pada ketinggian 2000m - 10.000m selama 1 jam 55 menit.
Pilot penguji, Oleg Ganovich, menyatakan bahwa tes penerbangan pabrik menunjukan bahwa pesawat ini dapat diandalkan. “Pesawat ini tergolong ekonomis dan nyaman. Berkat adanya mesin penggerak yang baru, kita dapat merasakan akselerasi cepat pesawat pada saat lepas landas. Pesawat ini juga memiliki kinerja pengereman yang baik ketika menggunakan daya dorong terbalik setelah pendaratan,” terang Ganovich.
IL-76MD-90A yang mampu take off dari landasan beton maupun tanah dikembangkan untuk tujuan pengiriman perlengkapan militer, personil militer, mengangkut kendaraan berat dan berukuran panjang, pesawat ini juga akan digunakan untuk mengangkut pasukan terjun payung. Disamping itu, pesawat ini juga dapat diubah fungsinya menjadi pesawat ambulan serta pemadam kebakaran.
Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Para ahli telah mengerjakan kerangka badan pesawat dengan memunculkan sejumlah perbedaan signifikan dalam hal konstruksi pesawat. Pesawat Il-76MD-90A memiliki sayap baru dan sasis roda pendaratan yang telah dimodifikasi. Adapun sayap pesawat menggunakan panel caisson panjang yang menurunkan berat pesawat sebesar 2,7 ton.
Il-76MD-90A memiliki panjang 46.6m, tinggi 14.76m, rentang sayap 50.50m dan area sayap (trapezoidal) 300m². Rel untuk roda pendaratan (outer wheels) dan diameter mid-section fuselage pesawat masing-masing adalah 8.16m dan 4.8m.
IL-76MD-90A memiliki berat lepas landas maksimum 210 ton, maksimum berat saat landing 170 ton dan dapat membawa muatan maksimum 60ton serta bisa menampung hingga lima awak pesawat.
Kabin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Il-76MD-90A mampu membawa 126 pasukan penerjun payung atau 145 tentara dalam susunan dek tunggal dan 225 tentara dalam susunan dek ganda. IL-76MD-90A juga dapat dipasang dengan peralatan khusus untuk membawa 114 orang yang terluka.
Pesawat tersebut dipasang dengan Aerial-Delivery System (ADS) untuk menjatuhkan kargo, mengangkut kargo kontainer dan palet angkatan bersenjata dan pasukan penerjun.
Kabin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
ADS yang dipasang di pesawat IL-76MD-90A memudahkan proses menerjunkan pasukan payung dari ketinggian 8.000 m pada kecepatan 220km / jam sampai 400km / jam, dan juga memungkinkan peralatan dijatuhkan dengan bantuan parasut dari ketinggian 300m sampai 4.000 m pada kecepatan 260km / jam sampai 400km / jam.
Sistem dropping kargo di atas pesawat memastikan dropping platform yang sarat dengan muattan dan peralatan. Perangkat di bawah tangga, roller dan derek di kabin memungkinkan pemuatan kargo dan peralatan ke dalam pesawat terbang.
Kokpit dan Avionik
Ruang Kokpit Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Ruang Kokpit Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Ruang Kokpit Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
4 x PS-90A-76 turbofan bypass engines
Mesin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Mesin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
TA-12A Auxiliary Power Unit (APU)
Auxiliary Power Unit (APU) TA-12A |
. Mesin ini dirancang untuk APU pesawat terbang dan helikopter. Mesin ini digunakan untuk menghidupkan turbin udara dari mesin helikopter dan pesawat terbang, kekuatan AC yang mencapai 115/200 V serta tenaga hingga 60 kWA mampu mensuplai pendingin udara untuk kokpit dan kabin.
Efisiensi mesin yang tinggi secara keseluruhan didasarkan pada penggunaan kompresor aksial 4 tahap. Ruang pembakaran terbalik berbentuk annular tipe evaporative memberikan pembakaran 0,99 dan kadar hidrokarbon rendah dalam gas buang. Mesinnya berisi turbin aksial 3 tahap. Unit penggerak, termasuk alternator, dipasang pada gearbox mesin. Tingkat kebisingan mesin TA12-60, saat dipasang di pesawat, tidak melebihi 90 dB. Mesin tersebut sesuai dengan Norms of Aircraft Airworthiness (NLGS-3), dan telah disahkan oleh sertifikat tipe No 101-VD yang dikeluarkan oleh Aviation Register of the IAC. TA 12-60 APU dioperasikan tergantung dengan kondisi teknis sampai umur pakai komponen-komponen yang prinsip dibatasi (4.000 jam/start).
Mesin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Harapan hidup pesawat transport militer IL-76MD-90A adalah 30 tahun. Pesawat bisa mencapai maksimal 30.000 jam terbang sepanjang masa layanan tugasnya.
Beberapa keunggulan yang ditawarkan IL-76MD-90A yaitu :
Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
- Jangkauan penerbangan antar benua dengan muatan
- Kesesuaian operasional untuk digunakan dalam kondisi geografis dan iklim apapun, baik siang dan malam serta dalam kondisi cuaca baik maupun buruk
- Keselamatan penerbangan yang tinggi dan mudah dalam perawatan
- Kemampuan pengoperasian walaupun di lapangan terbang yang tidak beraspal
- Kemampuan otonom untuk mendasarkan dan beroperasi di lapangan terbang yang tidak siap (termasuk operasi bongkar muat)
- Kemampuan untuk mengangkut peralatan militer berat dan muatan besar
- Penyesuaian terhadap navigasi ICAO, keselamatan penerbangan, persyaratan kebisingan dan emisi yang berlaku.
Kabin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
Max landing weight : 170 ton
Max payload weight : 60 ton
Aircraft cargo compartment:
length x width x height : m 24,50 х 3,45 х 3,40
capacity : 3321m
Speed : km/h750-800
Service ceiling : 12,2 km
Range :
-60 ton payload : 4000km
-52 ton payload : 5000km
-ferry : 9700km
Engine:
Mesin Ilyushin IL-76MD-90A (IL-476) |
number x max takeoff thrust : 4 х 16000 kgf
Takeoff run : 1540m
Landing run : 960m
General characteristics :
Crew: 5
Capacity: 50,000 kg (Il-76)
Payload: 42 tonnes (Il-76M), 48 tonnes (Il-76MD), 60 tonnes (Il-76MD-90A) ()
Length: 46.59 m (152 ft 10 in)
Wingspan: 50.5 m (165 ft 8 in)
Height: 14.76 m (48 ft 5 in)
Wing area: 300.0 m² (3,229.2 ft²)
Empty weight: 92,500 kg (Il-76TD-90)(203,962 lb)
Max. takeoff weight: 195,000 kg (Il-76) (429,975 lb (Il-76TD-90))
Powerplant: 4 × Aviadvigatel PS-90-76 turbofans, 142 kN (32,000 lbf) or 14,500 kgf each
Performance
Maximum speed: 900 km/h (490 kt, 560 mph) Mach 0.82 depending on altitude
Range: 4,300 km (2670 mi) for Il-76 with 50 tonne max payload
Service ceiling: 13,000 m (42,700 ft)
Wing loading: 566.7 kg/m² (Il-76M/T) (116.05 lb/ft² (Il-76M/T), 129.72 lb/ft² (Il-76MD/TD))
Thrust/weight: (Il-76)
minimal landing run: 450 m with thrust reversal
Armament :
-Guns: 2× 23 mm cannon in radar-directed manned turret at base of tail
-Bombs: Some military models have 2 hardpoints under each outer wing capable of supporting 500 kg bombs.
Sumber :
- en.wikipedia.org
- roe.ru
Like the Post? Share with your Friends:-
wspaniałe wakacje :) może tam kiedyś się wybiore ...
ReplyDeletethank yu for visiting :)
DeleteYou realkly make it apppear really easy together with your presentation but I too find this matter to
ReplyDeletebe actually one thing which I feel I'd never understand. It seems too complex and extremely vast for me.
I am takjng a look forward iin your next post, I will try
to get the hold of it!
thank you for Your visiting. I tried my best to collect, find out from any trusty sources before presented it. But i also realized that it is not a perfect article yet, but i will always try to do my best. Thank you again :)
DeleteIlyushin adalah produsen pembom strategis dan pesawat angkut berat
ReplyDelete