BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC | Pecinta Militer Pecinta Militer: BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Thursday, 24 November 2016

BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC

BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
Suatu industri pertahanan Rusia,Tractor Plants Concern (Russia : TZ, Traktornie Zavody) saat ini sedang mengembangkan kendaraan amfibi pengangkut personel lapis baja  (APC) baru yang disebut BT-3F (BT kependekan dari Bronentransporter atau pengangkut pasukan), APC baru ini dikembangkan untuk digunakan oleh infanteri angkatan laut / marinir.

"Tractor Plants Concern sedang menyelesaikan perancangan BT-3F APC untuk dipamerkan pada  military-technical forum "Army 2016 "  di luar Moskow pada bulan September

2016 yang lalu. Kendaraan tersebut sebagian dapat menggantikan BTR-80 APC dari Naval Infanteri  Rusia . Kami berharap Kementerian Pertahanan (MoD) akan melihat dari dekat kendaraan baru tersebut di forum, "kata sumber dari industri pertahanan.

Dia mengatakan bahwa BT-3F APC memiliki berat tempur 18,5 ton,   diawaki tiga orang dan dapat membawa 14 pasukan bersenjata lengkap. "Kendaraan ini berlapis baja di Level 4 STANAG 4569, menyediakan perlindungan penuh terhadap peluru 14.5x114 mm yang ditembakkan dari senapan mesin berat  KPVT pada jarak 200 m. Lambung dari BT-3F memiliki panjang 7.000 mm, lebar 3.300 mm, dan tinggi 3.000 mm. APC ini didukung oleh mesin diesel UTD-29M dengan daya 500 hp dan dengan kecepatan 70 km / jam di jalan yang mulus, kecepatan renang 10 km / jam, dan rasio power-to-weight 26,7 hp / t. BT-3F memiliki jangkauan operasional sejauh 600 km, "tambah sumber tersebut.

BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC

BT-3F didasarkan pada chassis dari BMP-3 kendaraan tempur infanteri (IFV), yang berbeda pada BT-3F, terdapat ‘kabin’ yang atapnya lebih tinggi dari bagian depan kendaraan, yang dijadikan kompartemen untuk pasukan. Akses untuk melihat ke arah luar kendaraan, di pinggir atap kabin terdapat dua ‘jendela’ di tiap sisi untuk melihat ke arah atas. Modifikasi ini membuat BT-3F sepintas terlihat mirip dengan BTR-50P walaupun dari segi daya angkutnya masih kalah dengan BTR-50P.

Posisi komandan dan juru tembak digeser ke dalam kabin karena BT-3F tidak menggunakan kubah bermeriam, pengemudi duduk di tengah kendaraan  bagian depan. Di bagian depan ada tiga palka terpisah, satu palka di kiri dan kanan pengemudi yang kemungkinan juga merupakan akses keluar pasukan.

Perubahan lainnya yaitu pada posisi juru tembak senapan mesin depan, yang pada BMP-3F ada di kiri-kanan depan. Pada BT-3F hanya stasiun kanan yang dipasang senapan mesin PKT 7,62mm, sisi kirinya dibiarkan kosong dengan plexiglass menggantikan dudukan senapan mesin.
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC

Bagian kabin yang lebih tinggi merupakan kompartemen tempur untuk awak, dan dapat menampung sampai 14 pasukan bersenjata lengkap. Pasukan keluar dari pintu akses di atap kendaraan yang membuka ke kanan dan ke kiri, ditambah pintu akses belakang yang berukuran kecil. Akses keluar utama dari atas ini merupakan keharusan karena desain mesin keluarga BMP-3 yang terpasang di lantai bagian belakang, sehingga tidak memungkinkan untuk membuat pintu akses yang sepenuhnya terbuka dari belakang.
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC

Kendaraan baru tersebut saat ini dipersenjatai oleh remote controlled weapon station (RCWS) DPV-T, dilengkapi dengan  senapan mesin kaliber 7.62x54 mm PKTM Kalashnikov. Namun, "APC tersebut dapat diintegrasikan dengan semua jenis turret yang dikembangkan oleh industri pertahanan Rusia, termasuk yang dipersenjatai dengan senapan mesin Kord  kaliber 12,7 mm 6P49 dan senapan mesin KPVT kaliber 14,5 mm, serta  peluncur granat otomatis 30 mm AG-17A dan 40 mm AG-40, "kata sumber tersebut.
Selain itu, BT-3F juga dilengkapi dengan thermal imaging untuk siang dan malam hari serta laser rangefinder. Mesin tipe empat-langkah (four stroke), direct fuel injection, liquid cooled, sistem pelumasan kering (dry sump system), multi-fuel engine dan naturally aspirated.

Delegasi militer dari Indonesia yang datang mengunjungi pameran tersebut juga memuji kendaraan tersebut dan akan mempelajari lebih lanjut tentang BT-3F yang dirancang untuk lebih meningkatkan mobilitas dan keamanan satuan Korps Marinir.
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC
BT-3F Tracked Amphibious Armoured APC

Sumber :

- Janes.com
- army-technology.com
- kienthuc.net.vn
- angkasa.co.id

Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |