SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik | Pecinta Militer Pecinta Militer: SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Wednesday, 9 November 2016

SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik

SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar
SEPECAT Jaguar adalah sebuah pesawat penyerang darat supersonik buatan Britania Raya - Perancis yang hingga sekarang masih dioperasikan, contohnya India dan Oman. Pesawat ini adalah salah satu program pesawat tempur utama Inggris-Perancis. Pesawat ini juga digunakan oleh Perancis sebagai pesawat penyerang utama sampai tanggal 1 Juli 2005 ketika pesawat ini digantikan oleh Dassault Rafale. Pesawat ini diterbangkan pertama kali pada tanggal 8 September 1968.
Jaguar ditenagai oleh mesin ganda, merupakan pesawat serangan darat yang dirancang dan dikembangkan bersama oleh Breguet dari Prancis (sekarang bagian dari Dassault) dan Inggris yang berbasis di British Aircraft Corporation (BAC). Kedua perusahaan membentuk

usaha patungan yang disebut SEPECAT untuk mengembangkan pesawat. Sebanyak 543 jaguar telah dibangun hingga 2011.
Beberapa Varian :

SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

- Jaguar A
    Versi pesawat tempur serang darat, serang taktis segala cuaca kursi tunggal untuk Angkatan Udara Prancis, dibuat sebanyak dua prototipe dan 160 pesawat tempur
- Jaguar B / Jaguar T2
    Versi latih berkursi ganda untuk Royal Air Force, di produksi sebanyak satu prototipe dan 38 pesawat latih. Mampu menjalani peran sekunder sebagai pesawat penyerang dan serangan darat. Dua diterbangkan oleh Sekolah Uji Pilot dan satu oleh Institute of Aviation Medicine. Dilengkapi untuk pengisian bahan bakar inflight dan dengan meriam Aden tunggal.
- Jaguar T2A
   Upgrade  Jaguar T2  mirip dengan GR1A, 14 konversi dari T2.
- Jaguar T2B
    dua pesawat Jaguar T2A diberikan kemampuan TIALD.  Pemberian nama yang "Tidak resmi" .
- Jaguar T4
        Jaguar T2A upgrade ke Jaguar 96 standar.
- Jaguar E
    versi latih kursi ganda untuk Angkatan Udara Prancis, Dibuat sebanyak dua prototip dan 40 pesawat produksi.
- Jaguar S / Jaguar GR1
    Versi pesawat tempur  serangan darat krsi tunggal, serang taktis segala cuaca untuk Royal Air Force, di produksi sebanyak 165 buah, dilengkapi dengan NAVigation And Weapon Aiming Sub-System (NAVWASS) untuk menyerang tanpa menggunakan radar. Ferranti "laser ranger and marked target seeker" ditambahkan ke dalam bagian hidung selama produksi.  Mesin digantikan oleh Adour Mk 104 sejak 1978.
- Jaguar GR1A
    Jaguar GR1 dengan NAVigation And Weapon Aiming Sub-System (NAVWASS II), sekam / flare, ECM dan Sidewinder yang telah diupgrade kemampuannya, 75 konversi dari GR1.
- Jaguar GR1B
    Sepuluh pesawat GR1 dimodifikasi untuk membawa pod TIALD.
- Jaguar GR3
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar
    Jaguar 96 avionik upgrade ke GR1A.
- Jaguar GR3A
    Jaguar 97 avionik upgrade ke GR1B / GR3.
- Jaguar M
    Versi serang kursi tunggal, prototipe yang dibuat untuk Angkatan Laut Perancis.
- Jaguar Active Control Technology
    Satu Jaguar diubah menjadi pesawat penelitian.
- Jaguar Internasional
    Versi ekspor berbasiskan pada Jaguar S atau Jaguar B.
- Jaguar ES
    versi ekspor dari Jaguar S untuk Angkatan Udara Ekuador, diproduksi sebanyak 10 buah.
- Jaguar EB
    Versi ekspor dari Jaguar B untuk Angkatan Udara Ekuador, diproduksi sebanyak dua buah.
- Jaguar S (O)
   Versi ekspor dari Jaguar S untuk Royal Air Force Oman, diproduksi sebanyak 20 buah.
- Jaguar B (O)
    versi ekspor dari Jaguar B untuk Royal Air Force Oman, diproduksi sebanyak empat buah.
- Jaguar IS
    Versi serang taktis kursi tunggal untuk segala cuaca, pesawat tempur serangan darat untuk Angkatan Udara India, diproduksi sebanyak 35 buah oleh BAe dan diproduksi sebanyak 89 buah oleh HAL (Shamser).
- Jaguar IB
    Versi latih kursi ganda untuk Angkatan Udara India, diproduksi sebanyak lima buah oleh BAe dan 27 buah oleh HAL.
- Jaguar IM
    Pesawat maritim kursi tunggal anti kapal untuk Angkatan Udara India. Dilengkapi dengan radar Agave dan mampu membawa Sea Eagle anti-ship rudal, diproduksi sebanyak 12 buah oleh HAL.
- Jaguar SN
    Versi ekspor dari Jaguar S untuk Angkatan Udara Nigeria, diproduksi sebanyak 13 buah.
- Jaguar BN
    Versi ekspor dari B Jaguar untuk Angkatan Udara Nigeria, diproduksi sebanyak lima buah.
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Pesanan dan pengiriman

Angkatan Udara India (IAF) memesan senilai $ 1 miliar pada tahun 1978 untuk mendapatkan 40 Jaguar dan lisensi untuk membangun 120 pesawat Jaguar di Hindustan Aeronautics Limited (HAL) di bawah  penunjukan lokal Shamsher. India sementara menerima dua Jaguar dari RAF pada bulan Juli 1979 dengan batch pertama sebelum mendirikan lini produksi sendiri di HAL.
Pengiriman batch kedua  40 Jaguar dimulai pada 1981. Batch ketiga perakitan kit yang terdiri dari 45 pesawat diangkut ke HAL Mei 1981. IAF mengakuisisi 17 Jaguar pada tahun 1999 dan 20 lebih antara tahun 2001 dan 2002. HAL telah membuat 90 Jaguar, dan banyak yang masih dalam pelayanan tugas.
Sebanyak 10 Jaguar ESS dan dua Jaguar EBS dibeli oleh Angkatan Udara Ekuador. Pengiriman dimulai pada bulan Januari 1977. Nigeria memesan 13 Jaguar SNS dan lima Jaguar BNS pada tahun 1983. Pengiriman dimulai pada Mei 1984. Royal Air Force Oman (RAFO) mendapatkan 10 Jaguar  OS dan dua Jaguar OBS. Pengiriman dimulai pada bulan Maret 1977. Sekitar 12 Jaguar tambahan dipesan oleh RAFO pada 1980 an.
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Desain

Jaguar didesain sebagai pesawat udara bersayap sepasang dengan badan pesawat aluminium. Pesawat ini dilengkapi dengan probe pengisian bahan bakar saat dalam penerbangan pada sisi kanan badan pesawat bagian depan untuk menjalankan misi pengisian bahan bakar udara bahkan di bawah kondisi cuaca terburuk. Pesawat ini dilengkapi dengan spoiler, rem udara, kemudi, slotted flaps ganda, kisi-kisi, sistem kritis dan kaca antipeluru.
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Pembangunan

Breguet dan BAC bergabung pada tahun 1966 untuk mengembangkan Jaguar. Pesawat ini awalnya dikembangkan sebagai jet latihdengan tingkat kemampuan serangan dalm cahaya rendah tetapi kemudian misi tersebut telah ditingkatkan untuk  peran pengintaian dan serangan nuklir taktis.
Konstruksi Jaguar itu ditanggung bersama antara kedua perusahaan, dengan BAC mendapatkan tugas mengembangkan sayap, intake, fuselage dan ekor belakang, dan Dassault mendapatkan jatah membuat hidung, pusat pesawat dan roda pendaratan. Dassault menjadi mitra dalam proyek ini dengan mengakuisisi Breguet pada tahun 1971.

Penerbangan perdana berlangsung pada bulan September 1968 dan pesawat memasuki layanan dengan Prancis pada tahun 1973. Jaguar itu dibangun untuk menggantikan  McDonnell Douglas Phantom FGR2 RAF.  Angkatan Bersenjata Prancis melakukan  Pengadaan Jaguar untuk menggantikan armada  Aeronavale Dassault Étendard IV yang telah usang.

Seluruh Jaguar sudah pensiun dari Angkatan Darat Perancis pada bulan Juli 2005 dan oleh RAF pada bulan April 2007. Pesawat tersebut saat ini masih dalam pelayanan dengan IAF dan RAFO. India berencana untuk menggantikan Jaguar dengan pesawat tempur canggih menengah (AMCA), yang saat ini dalam pengembangan.

Kokpit

SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Fitur kokpit Jaguar serba digital dan tertutup dalam kanopi kaca. Kokpit dilengkapi dengan head up display, layar multifungsi, night vision dan GPS. Fitur lain termasuk helm yang dipasang layar, altimeter radar, sistem navigasi inersia, penemu arah otomatis, sistem informasi teman atau musuh,  data bus komputer dan sistem senjata digital.

Persenjataan


Jaguar dipersenjatai dengan dua meriam  DEFA 30mm, yang dapat menembakkan amunisi dengan kecepatan 150 putaran per kanon. Pesawat ini memiliki lima cantelan, empat di bawah sayap dan satu di bawah garis pusat tiang stasiun. Cantelan ini mampu membawa sampai 4.500 kg.
Pesawat ini dapat menampung radar anti rudal AS.37 Martel ,  rudal udara-ke-darat AS-30L yang dipandu laser  dan dua rudal R550 udara-ke-udara rudal di tiang underwing. Pesawat ini juga dapat membawa bom nuklir AN-52 , delapan pod roket Matra, bom BAP 100mm,  rudal anti-radar AS37 MATRA, rudal AIM-9 Sidewinder dan bom curah rockeye.

Mesin

Jaguar ini didukung oleh dua mesin turbofan Adour Mk 102 masing-masing berdaya dorong 22.75kN . Mesin ini dirancang dan dibangun bersama oleh Rolls-Royce dari Inggris dan Turbomeca dari Perancis pada tahun 1968. Ini adalah mesin dua-poros yang menghasilkan daya dorong 32.5kN dengan afterburner.

Panjang dan diameter kipas ujung mesin  masing-masing  2.9m dan 0.57m . Berat kering 809kg. Jaguar yang digunakan oleh IAF didukung oleh dua Mk Adour 811 mesin turbofan. IAF akan mengupgrade 125 pesawatJaguar dengan mengganti mesin denganAdour Mk821s atau Honeywell F125IN untuk meningkatkan kinerja, terutama pada ketinggian menengah. Permintaan proposal (RFP) untuk penggantian mesin diharapkan akan dikeluarkan pada 2013.

SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar
Spesifikasi (Jaguar A)

Data from Jane's All The World's Aircraft 1980–81, Air Force Tac Recce Aircraft: NATO and Non-aligned Western European Air Force Tactical Reconnaissance Aircraft of the Cold War

General characteristics :

    Crew: One
    Length: 16.83 m (55 ft 2½ in)
    Wingspan: 8.68 m (28 ft 6 in)
    Height: 4.89 m (16 ft 0½ in)
    Wing area: 24.18 m² (260.27 ft²)
    Aspect ratio: 3.12:1
    Empty weight: 7,000 kg (15,432 lb)
    Loaded weight: 10,954 kg (24,149 lb)
    Max. takeoff weight: 15,700 kg (34,612 lb)
    Powerplant: 2 × Rolls-Royce/Turbomeca Adour Mk 102 turbofans
        Dry thrust: 22.75 kN (5,115 lbf) each
        Thrust with afterburner: 32.5 kN (7,305 lbf) each
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Performance :

    Maximum speed: Mach 1.6 (1,699 km/h, 917 knots, 1,056 mph) at 11,000 m (36,000 ft)
    Combat radius: 908 km (490 nmi, 564 mi)(lo-lo-lo, external fuel)
    Ferry range: 3,524 km(1,902 nmi, 2,190 mi)
    Service ceiling: 14,000 m[136] (45,900 ft)
    Climb to 9,145 m (30,000 ft): 1 min 30 sec[136]</ul></ul>Armament

    Guns: 2× 30 mm (1.18 in) DEFA cannons, 150 rounds/gun
    Hardpoints: 5 total: 4× under-wing and 1× center-line pylon stations with a capacity of 10,000 lb (4,500 kg) and provisions to carry combinations of:
        Rockets: 8× Matra rocket pods with 18× SNEB 68 mm rockets each
        Missiles:
            AS.37 Martel anti-radar missiles or
            AS-30L laser guided air-to-ground missile.
            2× R550 Magic air-to-air missiles on underwing pylons
        Bombs:
            various unguided or laser-guided bombs or
            2× WE177A nuclear bombs
            1× AN-52 nuclear bomb
        Other: ECM protection pods, Reconnaissance Pod, ATLIS laser/electro-optical targeting pod, external drop tanks for extended range/loitering time
SEPECAT Jaguar - Pesawat Serang Darat Supersonik
SEPECAT Jaguar

Jenis     : Ground attack
Pembuat     : SEPECAT (Breguet/BAC)
Pembangun :    Hindustan Aeronautics Limited (under licence)
Penerbangan perdana :    8 September 1968
Diperkenalkan     : 1973
Dipensiunkan     : 2005 (France) / 2007 (UK)
Status     : Active
Pengguna utama     :
- Royal Air Force (historical)
- French Air Force (historical)
- Indian Air Force
- Royal Air Force of Oman
Jumlah     : 543
Harga satuan     : US$8 million in 1978

Sumber :
- military.wikia.com
- Commons.Wikimedia .org
- sepecat.info
- wp.scn.ru
- militaryfactory.com
- airvectors.net
- rikoooo.com
- bagera3005.deviantart.com
- Prestwickaviationphotography.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |