Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder | Pecinta Militer Pecinta Militer: Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Pecinta Militer

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Sunday, 4 December 2016

Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
IFV Marder (Bahasa jerman: marten) yang berarti Tupai adalah varian kendaraan penempur infanteri buatan Jerman, dioperasikan oleh Angkatan Bersenjata Jerman sebagai salah satu persenjataan utama dari satuan Panzergrenadiere (infantri mekanis) sejak tahun 1970an sampai sekarang. IFV Marder ini dikembangkan sebagai suatu bagian dari program pembangunan kembali industri kendaraan penempur berlapis baja Jerman, dan Marder telah berhasil membuktikan diri sebagai kendaraan penempur infanteri yang sukses dan solid.

Kendaraan tempur ini memiliki fitur yang unik, misalnya senapan mesin yang dikendalikan dari jauh ditempatkan di bagian belakang, dan secara garis besar, kendaraan tempur ini merupakan

merupakan suatu desain yang sederhana dan umum dengan adanya pintu belakang serta jendela penembakan di bagian samping untuk digunakan oleh pasukan infanteri yang menumpang di dalam. Saat ini Marder sedang melalui masa transisi peremajaan dan digantikan oleh Puma .

Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Pada awal tahun 1970an sekitar 2.100 unit dioperasikan oleh A.B. Jerman, tetapi kendaraan yang merupakan varian Jerman sendiri tidak dijual ke militer negara lain. Dengan dipensiunkannya kendaraan A.B. Jerman yang telah menua, Pemerintah Chile setuju untuk membeli Marder sebanyak 200 unit; dan Pemerintahan Yunani juga berpikir untuk membeli 450 kendaraan yang sudah dipensiunkan. Angkatan bersenjata Argentina mengoperasikan varian yang lebih simpel dan buatan lokal yaitu VCTP, dan memiliki beberapa kendaraan berdasarkan wahana yang dibuat oleh Henschel dan disusun oleh TAMSE. TNI-AD sendiri juga membeli sejumlah Marder yang merupakan satu paket dengan pembelian Leopard 2A4 dari surplus A.B. Jerman.

Pengembangan

Pengembangan Marder mulai dilakukan dari bulan Januari 1960, ketika kontrak pembuatan pertama diterbitkan sampai 7 Mei 1971, saat kendaraan produksi pertama diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Jerman.
Kendaraan infanteri Marder tersebut merupakan pengganti  IFV Schützenpanzer Lang HS.30.
Persyaratan utama yang diajukan untuk kendaraan pengganti  IFV Schützenpanzer Lang HS.30 yaitu:

    - Berkapasitas 12 infanteri.
    - Sebuah meriam 20 mm yang bisa lebih diandalkan.
    - Harus bisa digunakan untuk bertempur pasukan infanteri baik dari dalam kendaraan maupun ketika keluar dari kendaraan.
    - Memiliki perlindungan dari senjata nuklir, biologi dan kimia.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Pada awalnya kontrak pengembangan diberikan kepada dua grup perusahaan, yaitu grup Rheinstahl (Rheinstahl-Hanomag, Ruhrstahl, Witten-Annen, Büro Warnecke) dan grup kedua yang terdiri dari Henschel Werke dan perusahaan Swiss MOWAG, yang kemudian menghasilkankan tujuh kendaraan prototipe. Satu set kedua dari delapan kendaraan prototipe dibangun antara 1961 dan 1963. kemudian prioritas pengembangan selanjutnya untuk sementara  beralih untuk pengembangan Jagdpanzer 90 mm Kanone.

Setelah kebutuhan militer dapat diselesaikan pada tahun 1967,  satu set ketiga dan terakhir dari sepuluh prototipe dibangun. Pekerjaan pembangunan akhir diselesaikan oleh kelompok Rheinstahl, dan 10 kendaraan pra produksi dibangun dan menyelesaikan uji coba pasukan dengan tentara Jerman antara Oktober 1968 dan Maret 1969. Pada bulan Mei 1969, kendaraan tersebut secara resmi diberi nama "Marder" dan pada bulan Oktober 1969 Rheinstahl terpilih sebagai kontraktor utama.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Pada tanggal 7 Mei 1971 produksi pertama Marder 1 diserahkan kepada Angkatan Bersenjata Jerman. Produksi kendaraan terus berlangsung sampai tahun1975, dan berhasil menyelesaikan sebanyak 2.136 kendaraan.

Pada tahun 1975, rudal Milan pertama kali diadaptasi untuk ditembakkan oleh komandan, dan antara 1977 dan tahun 1979 rudal Milan dipasang ke kendaraan militer.
Sejumlah program peningkatan kemudian dilakukan, yang termasuk peralatan penglihatan malam dan imager termal, serta feed amunisi ditingkatkan ke meriam 20 mm.

Sekitar tahun 1985, penamaan diubah menjadi Marder-1 (sampai saat itu hanya Marder) sejak dilakukan peningkatan lanjut terhadap IFV tersebut, karena kendaraan baru harus menjadi mitra dari Leopard-II seperti Marder adalah pendamping bagi Standardpanzer / Leopard-I, maka kendaraan infanteri tersebut kemudian bernama Marder-2 dan kendaraan yang lebih tua kembali ditunjuk.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Program upgrade A3 dimulai pada tahun 1988, dengan kontrak  diberikan pada Thyssen-Henschel untuk mengupgrade 2.100 Marder 1 seri A1 / A2 dengan standar  kendaraan A3. Kendaraan upgrade pertama  diserahkan pada Angkatan Bersenjata Jerman pada 17 November 1989. Paket modifikasi yang dilakukan meliputi :

   - Peningkatan perlindungan lapis baja dengan berat 1.600 kg yang bertujuan untuk melindungi kendaraan dari tembakan meriam  30 mm 2A42 dari BMP-2 Rusia. Perlindungan lapis baja juga memberikan perlindungan tambahan terhadap bom-bom cluster.
   - Kompartemen infanteri yang diaransemen ulang.
   - Suspensi diperkuat, sistem pengereman baru dipasang, gearbox disesuaikan, sistem pemanas digantikan dengan sistem pemanas berbasis air.
   - Kubah telah di buat ulang.
   -Total berat sekarang menjadi 35.000 kg.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Deskripsi

Semua bagian lambung Marder 1 merupakan baja yang dilas, sehingga mampu memberikan perlindungan dari tembakan senjata ringan dan shell fragmen pada bagian depan lambung memberikan perlindungan dari berondongan hingga  kaliber 20 milimeter APDS. Kemudian varian tersebut telah meningkatkan perlindungan hingga 30mm APDS, sebagai respon terhadap meriam 30 mm senjata BMP-2 dan pengembangan serangan bom-bom cluster dari atas.

Desain  Marder relatif konvensional, dengan posisi pengemudi berada di sisi kiri depan lambung dan dengan mesin di sebelah kanannya. Sopir memiliki tiga periskop untuk penglihatan pada siang hari. Periskop pusat dapat digantikan oleh perangkat penglihatan malam pasif. Di belakang sopir adalah kursi untuk operator tunggal. Dalam versi awal dari Marder, operator ini memiliki pintu yang dibuka ke kanan dan periskop yang bisa diputar melalui 360 derajat; hatch ini telah dihapus di varian 1A3 dan seterusnya.
Di bagian tengah lambung adalah turret untuk dua orang, komandan berada di sebelah kanan dan penembak di sebelah kiri. Hanya komandan disediakan dengan menetas. Komandan memiliki delapan periskop hari untuk semua pengamatan bulat dan penembak memiliki tambahan tiga. Sistem penampakan utama adalah pemandangan PERI-Z11, yang memiliki baik 2 × atau 6 x pembesaran optik. Dari versi 1A2 pada, ada pemandangan yang termal tambahan 2x dan 8x pembesaran. Untuk bagian belakang turret adalah kompartemen pasukan, yang dapat menampung enam orang infanteri, duduk kembali ke belakang menghadap keluar sepanjang pusat lambung.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

IFV Marder mampu menyeberangi sungai dengan kedalaman hingga 1,5 meter dan juga bisa dipasang kit untuk memungkinkan menyeberangi sungai dengan kedalaman hingga 2,5 meter.

IFV Marder ini didukung oleh Ea-500 enam silinder mesin MTU MB 833 liquid-cooled diesel yang memberikan tenaga sekitar 441 kW (600 PS; 591 hp) pada putaran 2.200 rpm. Radiator pendingin dipasang di bagian belakang hull pada kedua sisi jalan keluar. Mesin ini digabungkan ke Renk empat kecepatan HSWL 194 gear box planet dengan empat depan dan empat gigi mundur. Transmisi ini juga menyediakan kemudi dan pengereman melalui unit hidrostatik stepless yang mentransmisikan daya untuk dua unit berkendara dipasang di depan lambung. kendaraan membawa 652 liter bahan bakar, memberikan berbagai jalan sekitar 500 kilometer. Awalnya Marder bisa mencapai kecepatan jalan 75 km / jam pada posisi gigi 4, tapi penambahan armor pada kendaraan ini mengurangi kecepatan menjadi  65 km / jam.

IFV Marder didorong oleh trek Diehl, yang dapat dilengkapi dengan bantalan karet jalan. Mekanisme drive terdiri dari enam karet tyred roda jalan dengan sprocket drive pada bagian depan lambung dan pemalas di bagian belakang. Suspensi menggunakan sistem bar torsi, dengan tambahan peredam kejut hidrostatik dipasang ke depan dua dan roda dua jalan terakhir.

Persenjataan

Persenjataan utama yaitu Rheinmetall MK 20 Rh202 autocannon 20 mm , yang dipasang di turret untuk dua orang turret dan dapat menembakkkan baik armor-piercing atau HE round. Terpasang koaksial di sebelah kiri meriam adalah senapan mesin MG3 7,62 mm. menara memiliki lintasan 360 derajat dan dapat ditingkatkan dari -17 derajat ke 65 derajat pada tingkat 40 derajat per detik saat melintasi pada tingkat 60 derajat kedua. Pada umumnyanya, 1.250 putaran diberikan untuk meriam 20 mm bersama dengan lebih dari 5.000 putaran untuk senapan mesin MG3.

Pada model sejak versi 1A2, peluncur rudal anti-tank  MILAN dapat dipasang di turret untuk kemampuan anti-armor. Biasanya, enam rudal dipasang di dalam kendaraan.

Ada empat  port gun (masing-masing dua per sisi), yang dapat digunakan oleh pasukan infanteri dipasang untuk memberikan tembakan tambahan terhadap target serangan infanteri. Hanya Marder 1A1 dan 1A2 telah dilengkapi dengan ini. Marder versi 1A3 keatas tidak memiliki port gun karena adanya lapisan tambahan armor dan  kotak penyimpanan luar.
Enam peluncur granat asap diameter 76 milimeter dapat membuat tabir pemblokiran asap visual dan infra-merah.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Varian

IFV Marder 1A3 adalah versi  yang paling umum dari sistem ini, dan dalam pelayanan dengan Bundeswehr (Angkatan Bersenjata) Jerman. Versi terbaru dari Marder adalah Marder 1A5 dengan proteksi dari ledakan ranjau yang canggih. Hanya sejumlah kecil varian ini yang bertugas dalam pelayanan.

IFV Marder dijadikan sebagai dasar untuk desain tank kelas menengah Thyssen-Henschel yang menjadi TAM untuk Argentina. Sebuah versi sederhana dari Marder juga digunakan sebagai kendaraan tempur infanteri, pembawa mortir dan peluncur roket oleh Angkatan Darat Argentina, menyadari sebagian besar versi awalnya direncanakan untuk Bundeswehr dan kemudian ditinggalkan karena biaya dan juga ketersediaan alternatif murah lainnya seperti M106. IFV Marder juga digunakan sebagai wahana pengangkut untuk sistem pertahanan udara Roland. Kanonenjagdpanzer dan Raketenjagdpanzer 2 memulai pembangunan sebagai bagian dari keluarga Marder tetapi direalisasikan berdasarkan batch kedua prototipe menggunakan mesin yang berbeda dan beberapa hal lainnya. Kanonenjagdpanzer yang dibuat untuk Belgia adalah hibrida antara versi Bundeswehr yang asli dan bagian Marder. Sekitar 4-6 model uji mortar 120 mm pada chassis Marder dibangun dan sekurangnya satu yang digunakan sebagai kendaraan pemadam kebakaran di WTS Meppen.
Selama Eurosatory Show 2012, Rheinmetall Landsysteme GmbH menawarkan dua upgrade lebih lanjut sebagai bagian dari keluarga Marder Evolution. IFV Marder APC memiliki M151 Protector senjata baru yang dikendalikan dari jarak jauh, menggantikan meriam otomatis yang asli dari Rheinmetall MK 20 Rh 202 , perlindungan balistik sebanding dengan STANAG level 4 +, dan perlindungan dari ranjau sebanding dengan level 3a / 3b +. Dek atas telah diangkat untuk memungkinkan ergonomi untuk lebih ditingkatkan dan menggunakan diesel 440 kW (600 PS) MTU MB883.  Marder Medium Tank memiliki  meriam  Oto-Melara 105 mm yang stabil pada turret yang baru.
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder


    Marder 1 (1971-)
        Marder 1 dengan Milan: peluncur Milan dipaskan dengan semua Marder antara tahun 1977 dan 1979.
        Marder 1 A1 (+) (1979-1982): umpan ganda untuk meriam 20 mm memungkinkan pilihan amunisi, peralatan penglihatan malam  termasuk intensifiers gambar dan thermal  imager. Kapasitas infanteri dikurangi menjadi lima. Diterapkan untuk 674 kendaraan antara tahun 1979 dan 1982.
        Marder 1 A1 (-) (1979-1982): sebagai A1 (+) tapi tanpa  thermal imager. 350 kendaraan jenis ini telah diupgrade ke standar ini.
            Marder 1 A1A3:  Marder A1 dengan radio kriptografi SEM 80/90.
        Marder 1 A1A sebagai 1 A1 tapi tanpa peralatan penglihatan malam pasif. 1.112 kendaraan diupgrade ke standar ini.
            Marder 1 A1A4: a A1A Marder dengan  radio kriptografi SEM 80/90.
        Marder 1 A1A2: konversi Marder 1 dengan turret  A1 dan chassis A2
            Marder 1 A1A5: a A1A2 Marder dengan  radio kriptografi SEM 80/90.
        Marder 1 A2 (1984-1991): Antara tahun 1984 dan 1991, semua  Marder 1 Jerman upgrade ke standar A2, ini termasuk modifikasi substansial dari suspensi, tangki bahan bakar, sistem pendingin dan sistem pembersihan air-jet. Selain itu sistem penampakan baru dipasang. Peralatan pencarian sinar inframerah telah dihapus, dan semua kendaraan dilengkapi dengan pencitra thermal kecuali untuk kendaraan 674 A1 (+) , yang sudah mereka miliki.
            Marder 1 A2A1: a Marder 1 A2 dengan  radio kriptografi SEM 80/90.
        Marder 1 A3 (1988-1998)
        Marder 1 A4: a Marder 1 A3 dengan  radio kriptografi SEM 93.
        Marder 1 A5 (2003-2004): Tambahan armor anti ranjau dan interior benar-benar direnovasi untuk menghindari efek ledakan dan shock luka pada awak bila terkena ranjau. Diterapkan untuk 74 Marder 1 A3 saja.
            Marder 1 A5A1 (2010-2011). Dilengkapi dengan sistem pendingin udara, jammer untuk perlindungan IED dan kamuflase multi-spektral. Pada bulan Desember 2010 sepuluh kendaraan ditingkatkan ke standar ini, dilanjutkan 25 kendaraan lagi untuk ditingkatkan pada bulan Agustus 2011.

Negara Operator Saat Ini

    - Chile: 280
    - Jerman: 390
    - Indonesia: 50

Penugasan Tempur

Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder

Dengan unit pertama yang telah dikirim pada musim panas 1971, Marder IFV tetap belum teruji dalam pertempuran selama 38 tahun sampai Juli 2009 ketika mereka membantu sebuah pos tempur Jerman melawan Taliban di distrik Chahar Dara dari Provinsi Kunduz Afghanistan, menewaskan dan melukai puluhan gerilyawan. Sejak saat itu, Marder telah terlibat dalam beberapa kali pertempuran sengit. Kendaraan tersebut akhirnya telah terbukti sangat berguna dan telah dipuji sebagai aset taktis yang besar oleh tentara Jerman. Tetapi para awak telah terkena stres fisik yang cukup besar karena kendaraan tidak ada yang dilengkapi dengan sistem pendingin udara.  Dua Marders rusak oleh alat peledak yang diimprovisasi dalam perjalanan dari serangan yang dipimpin Jerman pada gerilyawan Taliban di Quatliam, pada tanggal 31 Oktober 2010. Kemudian dalam pertempuran, yang di beri kode oleh Koalisi dengan nama "Operasi Halmazag", Marder berhasil mengalahkan Taliban yang berusaha untuk mengepung posisi yang dipegang oleh pasukan terjun payung Jerman. Pada bulan Juni 2011, sebuah Marder Jerman hancur di dekat Kunduz oleh ledakan 200 kg IED, menewaskan seorang tentara dan melukai lima orang lainnya.

Tipe     :    Kendaraan penempur infanteri
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Kendaraan Tempur Infanteri - IFV Marder
Negara asal :    Jerman Barat
Sejarah pemakaian :
Masa penggunaan :    1971–sekarang
Digunakan oleh :    Angkatan Darat Jerman
Sejarah produksi :
Perancang :    Rheinmetall Landsysteme
Tahun :        7 Mei 1971
Produsen :    Rheinmetall Landsysteme
Spesifikasi (Marder 1) :
Berat     :
- 28.5 t (31.4 short ton) marder 1A1/A2
- 33.5 t (36.9 short ton) marder 1A3
- 37.4 t (41.2 short ton) marder 1A5
Panjang :    6.79 m (22 ft 3 in)
Lebar :    3.24 m (10 ft 8 in)
Tinggi :    2.98 m (9 ft 9 in)
Awak :    3+7
Perisai :    Besi pengelasan, perlindungan hingga  APDS DM43  20 mm dari jarak 0 m dan APDS 25 mm dari jarak 200 m (220 yd)
Senjata utama     :
- Meriam otomatis 20 mm Rheinmetall MK 20 Rh 202
- MILAN ATGM
Senjata pelengkap :    Senapan mesin 7.62 mm MG3
Jenis Mesin :    Mesin disel MTU MB 833 Ea-500 441 kW (591 hp)
Daya kuda/ton :    15.7 kW/t (21.1 hp/t)
Transmisi :    RENK HSWL 194
Suspensi :     Batang torsi
Ground clearance :    0.45 m (18 in)
Kapasitas tangki :    652 L (143 imp gal; 172 US gal)
Daya jelajah :    520 km
Kecepatan :    75 km/h (47 mph)Marder 1A2 65 km/h (40 mph) Marder 1A3

Sumber :

- en.wikipedia.org
- commons.wikimedia.org
- military-today.com
- tumblr.com
- inetres.com
- fort-russ.com
- armyrecognition.com
- imgur.com
- weaponsandwarfare,com
- forums.eugensystems.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |