PingMyLinks.com - FREE Website Submission IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union | Pecinta Militer Pecinta Militer: IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Wednesday 3 August 2016

IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union

IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev Sumber
Ivan Stepanovich Konev (28 Desember 1897 - 21 Mei 1973) adalah salah satu jenderal Soviet yang paling menonjol dari Perang Dunia II. Dia ikut andil dalam berbagai operasi militer besar melawan Jerman di Front Timur.

Ivan Konev dilahirkan dalam sebuah keluarga petani di Lodeino, dekat Veliky Ustyug, Rusia. Ibu Ivan meninggal saat melahirkannya, sehingga ia dibesarkan oleh ayahnya, kemudian meninggalkan bangku sekolah lebih awal untuk bekerja di pabrik kayu. Konev direkrut menjadi tentara Tsar pada tahun 1916 dan selama dua tahun ia berjuang di Perang Dunia I, naik ke peringkat perwira junior.

Setelah Revolusi Oktober yang menghancurkan otokrasi Tsar, pada bulan Agustus 1918 Ivan Konev bergabung dengan Partai Komunis. Selama Perang Saudara ia berjuang di pihak Angkatan Bersenjata Soviet, memegang posisi komisaris korps. Setelah itu ia memegang sejumlah pos militer, menjalankan tugas perintah di divisi yang berbeda dan tentara. Pada tahun 1926 ia mengikuti kursus lanjutan yang lebih tinggi bagi perwira dan pada tahun 1934 ia lulus dari Akademi Militer Frunze.

IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev Sumber
Konev berhasil selamat pada masa pembersihan militer secara besar-besaran oleh Stalin selama 1937-1938, ketika ribuan perwira dan komisaris yang baik dipecat dari tentara atau ditangkap dan didakwa dengan kejahatan anti-Soviet.
Pada awal Perang Dunia II Ivan Konev menjabat sebagai komandan Angkatan Darat ke-19, dengan pangkat letnan jenderal. Ketika Jerman menginvasi Uni Soviet pada Juni 1941, Konev adalah yang pertama yang memimpin serangan balasan dalam perang tersebut. Pasukannya ikut ambil bagian dalam pertempuran berdarah, melindungi Moskow dari serangan musuh. Atas kesuksesan operasi tempur tersebut, Konev menerima kenaikan pangkat menjadi kolonel jenderal.

Pada September 1941 Ivan Konev diangkat sebagai Panglima Front Barat, dengan tanggung jawab menjaga Moskow dari penyerbuan . Hanya dalam satu bulan, ia menderita kekalahan telak di kota Vyazma. Stalin bermaksud untuk mengeksekusi Konev, tetapi intervensi dari komandan depan yang baru, Jenderal Zhukov, telah menyelamatkannya. Mulai dari saat ini, Konev dan  Zhukov sering berseberangan yang membuat para sejarawan menganggap mereka saling bersaing sebagai komandan. Selama perang, Konev menjabat sebagai komandan untuk sejumlah pasukan yang berbeda dan pada pertempuran berikutnya jauh lebih sukses. Pada bulan Desember 1941, ia mengalahkan pasukan Jenderal Heinz Guderian, komandan tank
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev  Source
Jerman yang berpengalaman dan terkenal. Konev menghentikan laju Jerman ke Moskow dengan melakukan "penyergapan Konev". yaitu penarikan tentara kembali ke tengah, kemudian dari kedua sisi menyerang pasukan Jerman yang mengejar dan memerangkap mereka. Pada musim panas yang kritis tahun 1942 Ivan Konev menghentikan  kekuatan Jerman yang besar yang telah dikirim untuk memperkuat tentara Jerman menggempur Stalingrad. Konev juga ikut andil dalam memukul mundur serangan musim panas ketiga Jerman pada tahun 1943.

Pada bulan Juli tahun 1943, tentara Ivan Konev ikut membantu untuk mencapai kemenangan besar pada Pertempuran Kursk, yang dianggap sebagai pertempuran tank terbesar dalam sejarah. Kursk adalah serangan Jerman  terakhir yang memiliki arti strategis di timur dan sejak itu, Jerman mengalami kemunduran dalam setiap peperangan. Konev menyebut  pertempuran ini sebagai "karya seni dari panser Jerman" setelah Tentara Soviet melanjutkan serangan.
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev dan Omar Bradley  Sumber
Selama Januari-Februari 1944 pasukan  Ivan Konev ini mengambil bagian dalam Operasi Korsun'-Shevchenkovski , yang dikenal sebagai contoh klasik dari suatu pengepungan dan kemudian penghancuran kekuatan pasukan musuh yang besar . Sebelum pertempuran, meskipun kurangnya jalan menghambat gerakan pasukannya, Konev menggabungkan kembali pasukannya, dan kemudian tiba-tiba menyerang tentara  Jerman dibawah pimpinan Marsekal Erich von Manstein.  Sekitar 100.000 tentara Nazi terperangkap oleh tentara Soviet  dan lebih dari 230 tank dan senjata serbu disita. Atas keberhasilannya tersebut, Ivan Konev diangkat sebagai Marshal Uni Soviet.
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev - Pembebasan Praha 1945  Source
Pada Juli 1944 Josef Stalin mengumumkan bahwa ia  akan menggeser lagi perbatasan barat Uni Soviet  melintasi Sungai Bug untuk mendapatkan kembali wilayah yang merupakan bagian dari pra-perang dengan Polandia, tetapi sekarang diduduki oleh Jerman. Selama Operasi Lvov-Sandomierz, pasukan Ivan Konev ini dikepung oleh 40.000 tentara Jerman di kota Brody. Tujuh hari kemudian, ketika pertempuran berakhir, Lvov menjadi wilayah yang diduduki Soviet  dan bagian dari peta baru Soviet pasca-perang .

Tentara Ivan Konev ini menjadi yang pertama untuk membawa pertempuran di luar batas Soviet. Pada bulan Januari 1945 pasukannya mengambil bagian dalam Operasi Vistula-Oder, membebaskan kota Krakow dan kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz.
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev  Sumber
Menurut beberapa sejarawan, selama Pertempuran Berlin, Stalin memanfaatkan persaingan antara dua jenderal, Konev dan Zhukov, dalam rangka mencapai tujuan militer dan politiknya. Konev mencoba untuk mendapatkan izin bagi pasukannya untuk merebut Berlin, tetapi Stalin memberikan kehormatan itu kepada Zhukov. Konev bertanggung jawab meliputi bagian selatan kota. Namun, Stalin tidak menentukan zona operasi yang tepat untuk dua pasukan, memberikan kebebasan gerak bagi dua komandan tersebut.
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev Sumber
Konev telah mengantisipasi keadaan ini dan mengarahkan pasukan tank ke arah ibukota Jerman. Pada tanggal 21 April 1945, pasukan Ivan Konev tersebut memasuki Berlin, sementara pasukan Jenderal Zhukov baru masuk pada 22 April. Untuk menghindari terjadinya "tembakan sesama teman" Stalin kemudian menentukan zona operasi untuk para komandan tersebut. Tugas menangkap Reichstag diberikan kepada Jenderal Zhukov. Namun, Konev dibebaskan untuk beroperasi di beberapa wilayah utama lainnya, termasuk Praha dan Cekoslowakia (sekarang Republik Ceko). Atas jasanya dalam memerangi kaum Fasis Jerman, Ivan Konev dua kali diberi gelar Pahlawan Uni Soviet (tahun 1944 dan 1945).
Setelah Perang Dunia II, Ivan Konev menduduki sejumlah jabatan tinggi dalam pos militer, termasuk sebagai Komisaris Agung  untuk Austria (1945), Komandan pasukan Pakta Warsawa (1955-1960) dan Panglima pasukan Soviet di Jerman Timur (1961). Pada tahun 1965 ia mewakili Uni Soviet mennghadiri pemakaman Winston Churchill.
IVAN STEPANOVICH KONEV - Marshal Uni Soviet - Hero of the Soviet Union
Ivan Konev dan Georgi Zhukov
Pemimpin militer Soviet yang luarbiasa tersebut akhirnya meninggal di Moskow pada 21 Mei 1973. Ia dimakamkan di tempat terhormat di dinding Kremlin. Selama hidupnya, Ivan Konev menikah dua kali dan memiliki tiga anak.




Sumber :
- russiapedia.rt.com ( Anna Smolska, RT)
- britannica.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |