PingMyLinks.com - FREE Website Submission Sukhoi Su-30 Flanker-C | Pecinta Militer Pecinta Militer: Sukhoi Su-30 Flanker-C />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Monday 14 November 2016

Sukhoi Su-30 Flanker-C

Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30 (kode NATO: Flanker-C) dikembangkan oleh Sukhoi Rusia pada tahun 1996, merupakan pesawat tempur multifungsi, yang juga efektif untuk digunakan sebagai pesawat serang darat. Kemampuan Sukhoi Su-30 bisa dibandingan dengan F/A-18E/F Super Hornet dan F-15E Strike Eagle Amerika Serikat.
Sukhoi Su-30 adalah pengembangan dari Su-27UB dan memiliki beberapa varian. Secara komersial, seri Su-30K dan Su-30MK telah meraih sukses di pasar internasional. Varian-varian ini diproduksi oleh KnAAPO dan Irkut, yang merupakan anak perusahaan dari grup Sukhoi. KnAAPO memproduksi Su-30MKK dan Su-30MK2, yang dirancang untuk dijual

kepada Tiongkok. Seri Su-30MK buatan Irkut merupakan varian Su-30 yang paling mutakhir, antara lain yaitu Su-30MKI, yang dikembangkan khusus untuk Angkatan Udara India, serta MKM untuk Malaysia dan MKA untuk Aljazair.
Dengan basis pesawat latih kursi ganda Su-27UB dan pada awalnya dikenal sebagai Su-27PU, Su-30 adalah pesawat tempur presisi jarak-jauh yang sebanding dengan F-15E Eagles. Meskipun tetap mempertahankan kemampuan Su-27 sebagai interceptor udara ke udara, Model awal Su30 dan Su-30K didesain secara optimal untuk misi enduransi panjang 10 jam atau lebih. Pesawat ini dilengkapi dengan sistem radiolocation yang memungkinkan pelacakan hingga 10 target dalam waktu yang bersamaan. Varian ini kemudian digabungkan dengan model Su-30M multi peran yang mempunyai kemampuan penyerangan darat presisi dengan membawa misil dan bom kendali canggih.

Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C

Sukhoi juga secara aktif menjual model ekspor Su-30MK, yang telah dibeli oleh India dalam jumlah besar  (Su-30MKI) dan China (Su-30MKK, Su-30MK2).  Secara umum Su-30MKI milik India lebih baik dibandingkan dengan seluruh varian Su30 yang lain dan memiliki "canard" dan "vectored thrust nozzles" untuk meningkatkan manuverabilitasnya, radar yang lebih baik, dan teknologi avionic yang lebih canggih dari India dan sumber Barat. AU India membutuhkan 230 pesawat Su-30MKI dan sekitar 140 sampai 180 di antaranya mendapat lisensi untuk dibuat di Hindustan Aeronotics Limited di India.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C Indonesia

Indonesia saat ini juga telah memiliki pesawat model ini, walaupun sempat  terhambat karena faktor ekonomi dan politik. Negara lain yang berminat berasal dari Asia dan Timur Tengah seperti Malaysia, Vietnam, Algeria dan Syria. Mungkin, konsumen yang paling kontroversial adalah Venezuela yang memesan pesawat ini untuk mengejek AS karena support AS yang jelek untuk pesawat F-16 milik Venezuela.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C Venezuela

Untuk Rusia, Su-30 merupakan pelengkap dan pengganti MiG-31 dan Su-27 dan masih merupakan pesawat tercanggih di jajaran AU Rusia. Beberapa upgrade untuk pesawat ini untuk mempertahankan kemampuan pesawat menghadapi pesawat jenis lain direncanakan akan terus berlanjut hingga 2020.

Sejarah Pengembangan :

Pada tahun 1969, Uni Soviet memperoleh informasi bahwa Angkatan Udara Amerika Serikat telah memilih McDonnell Douglas untuk memproduksi rancangan pesawat tempur eksperimental (yang kemudian berevolusi menjadi F-15). Untuk menghadapi ancaman masa depan tersebut, Uni Soviet kemudian memulai program PFI (Perspektivnyi Frontovoy Istrebitel, "pesawat tempur taktis mutakhir") yang direncanakan akan menghasilkan pesawat yang bisa menyaingi hasil rancangan Amerika Serikat. Namun, spesifikasi yang dibutuhkan untuk memenuhi syarat-syarat program ini pada satu pesawat saja ternyata terlalu rumit dan mahal. Maka program ini dibagi menjadi dua, yaitu TPFI (Tyazholyi Perspektivnyi Frontovoi Istrebitel, "pesawat tempur taktis mutakhir berat") dan LPFI (Legkiy Perspektivnyi Frontovoi Istrebitel, "pesawat tempur taktis mutakhir ringan"). Langkah ini juga serupa dengan yang dilakukan oleh Amerika Serikat, dimana Amerika Serikat memulai program "Lightweight Fighter" yang kemudian akan menghasilkan F-16. Sukhoi OKB diberikan program TPFI. Rancangan Sukhoi pertama kali muncul dengan  T-10 sayap delta, yang terbang perdana pada tanggal 20 Mei 1977.  Sosok T-10 terlihat oleh pengamat Barat dan diberikan kode NATO Flanker-A. Perkembangan T-10 mengalami banyak masalah, yang berakibat pada  jatuhnya salah satu pesawat ini pada tanggal 7 Mei 1978. Kejadian tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan berbagaimodifikasi perancangan, yang menghasilkan T-10S, yang terbang pertama kali pada 20 April 1981. Pesawat ini juga bernasib sama dengan pendahulunya, menemui kesulitan dan jatuh pada tanggal 23 Desember 1981. Sampai pada akhirnya versi produksi pesawat ini (Su-27 atau Su-27S, dengan kode NATO Flanker-B) mulai dipakai Angkatan Udara Soviet pada tahun 1984, tetapi baru dipakai menyeluruh tahun 1986, karena sempat terhambat oleh masalah produksi. Pesawat ini dipakai oleh Pertahanan Anti Udara Soviet (Voyska PVO) dan Angkatan Udara Soviet (VVS). Pemakaiannya di V-PVO adalah sebagai interseptor, menggantikan Sukhoi Su-15 and Tupolev Tu-28. Dan pemakaiannya di VVS lebih difokuskan kepada interdiksi udara, dengan tugas menyerang pesawat tanker dan AWACS, yang dianggap sebagai aset penting angkatan udara NATO.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C

Negosiasi dengan India untuk menyuplai pesawat jenis Su-27 fighters dimulai pada tahun 1994. Biro desain mulai bekerja untuk mengembangkan Su-30 untuk Angkatan Udara India pada tahun 1995. AF Barkovsky ditunjuk sebagai ketua perancang proyek. Pada tanggal 30 November 1996 sebuah perjanjian dibuat untuk pembangunan bertahap dan pengiriman ke India dari 8 Su-30K fighters dengan kursi ganda dan 32 Su-30MKI fighters multi-peran dengan kursi ganda. Pesawat yang telah dijadwalkan untuk dikirim di beberapa pengiriman, dengan bertahap avionics, powerplant dan senjata akan ditingkatkan . Pengembang umum menurut resolusi yang dikeluarkan pemerintah Rusia adalah:

    - Untuk pembangunan pesawat: Sukhoi Design Bureau OJSC (sekarang JSC),
    - Untuk produksi pesawat: Irkutsk Aircraft Production Association (IAPA, sekarang Irkut Corporation).

Dua prototipe dibangun oleh Biro Desain pada 1995-1998. Prototipe yang pertama, Su-30I-1, berdasarkan pada produk versi Su-30, prototipe atau model pesawat selesai dibuat pada musim semi tahun 1997. Penerbangan pertama dilakukan oleh pilot uji V.Yu. Averyanov pada 1 Juli 1997. Pada bulan Juli 1997, Design Biro meluncurkan program untuk menguji pesawat bersama SPFC dari Angkatan Udara. Pesawat telah diproduksi di Irkutsk sejak tahun 2000. Pada saat pra produksi untuk pertama kalinya penerbangan pesawat telah diuji oleh V.Yu. Averyanov pada 26 November 2000. Pra produksi ketiga Su-30MKI telah diserahkan ke Biro Desain dan telah digunakan bersama dengan prototipe dalam joint-program dengan pengujian SPFC dari Angkatan Udara. Sesuai dengan ketentuan kontrak, maka pesawat Su-30MKI akan diuji dan dikirimkan dalam 3 tahap. Pertama pengiriman 10 Su-30MKI ke pengguna terjadi pada tahun 2002, kedua dari 12 pesawat, pada tahun 2003. Pada 2004, pesawat Su-30K dan Su-30MKI telah dimasukkan ke dalam armada satuan Angkatan Udara dengan dua squadron.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C

Keistimewaan Su-30MKI :

    Untuk pertama kalinya di dunia, produksi pesawat terbang yang memiliki mesin dengan tthrust vector kontrol (AL 31FP, dikembangkan oleh RDC setelah bernama A.Lyulka), dan sistem remote control terpadu dalam satu kontrol loop. Digunakan secara bersama-sama membuat Su-30MKI sangat lincah dalam bermanuver;
    Untuk pertama kalinya dalam sejarah Biro Desain, pesawat yang dilengkapi dengan avionik skala besar yang terintegrasi dengan sistem luar negeri dan dalam negeri. Su-30MKI memiliki “internasional” avionics portofolio, karena tidak termasuk sistem dan 14 unit yang dibuat oleh perusahaan asing dari 6 negara di dunia.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C
    Untuk pertama kalinya di dunia, sebuah pesawat produksi memiliki radar dengan PAA ( “Bar” dikembangkan oleh Scientific Instrumentation Research Institute of Technology). Selain itu, pesawat memilki new ejection seat yang baru, K-36D-3.5, dan inovasi lainnya dari sistem domestik asal.
    ADO line-up telah ditingkatkan secara signifikan dengan penambahan RVV-AYe air-to-air guided missile, Kh-29L/T/TYe, Kh-31A/P, Kh-59M air-to-ground missiles, dan KAB-500 dan KAB-1500 guided bombs.

Su-30MKI dalam sejarah rusia untuk pertama kalinya memiliki program dalam sejarah showcased sebuah model baru bagi kerjasama militer-teknis, termasuk semua jenis kerjasama jangka panjang yang saat ini dilakukan di dunia seperti:

    Pengiriman pertama konsinyasi produk dalam versi dasar (Su-30K),
    Kerjasama R & D untuk menghasilkan versi upgrade (Su-30MKI),
    Memberikan lisensi bagi pengguna untuk manufaktur dengan penggantian komponen Rusia yang dibuat dengan orang-orang asing (pada bulan Desember 2000, telah menandatangani kontrak untuk menjual ke India lisensi untuk pembuatan 140 pesawat Su-30MKI pada akhir pengiriman),
    Mengupgrade pesawat dari pengiriman pertama untuk status teknik pengiriman akhir,
    Menyiapkan kerjasama teknis untuk pusat layanan pasca penjualan dengan disertakan pemeliharaan peralatan,
    Menggunakan «ekspor tempat» untuk memperluas ke pasar regional (pada tahun 2003, kontrak dibuat untuk suplai Su-30MKM ke Malaysia).

Su-30MKK

Biro desain mulai bekerja untuk menghasilkan Su-30 dengan basis kursi ganda yang dirancang untuk Su -30MKK angkatan udara China pada 1997, AI Knyshev yang telah ditunjuk sebagai ketua perancang proyek. Di bawah kontrak, direncanakan Komsomolsk-on-Amur production(KnAAPO) dinamakan dengan kontraktor umum. Biro desain menghasilkan desain rinci pada 1997-98; prototipe pesawat yang dibuat di Komsomolsk-on-Amur di 1998-99. Versi baru dua penumpang berdasarkan pada desain solusi diadopsi untuk Su-27SK dan kursi tunggal Su-27M. Akibatnya, Su-30MKK dimasukkan, untuk semua intents dan tujuan tanpa desain ulang, Su-27M centre wing section, wing panels, air intakes, tail beams, fins and landing gear dan tail-end fuselage Su-27SK dirangkai. Dengan cara ini, desain ruang lingkup dikurangi secara dramatis, tanpa ada komponen baru yang diperlukan untuk membangun pesawat terbang kecuali untuk hidung pesawat. Selain itu, rencana produksi telah ikut serta dalam menyiapkan produksi pesawat latih kursi ganda pada awal tahun 80 an. Prototipe pertama dibangun di musim semi 1999, Su-30MKK-1 yang diterbangkan pada 20 Mei 1999 oleh Pilot I.Ye. Solovyov (Biro Desain) dan A.V. Pulenko (KnAAPO). Empat pesawat pra-produksi yang pertama diserahkan ke Desain Biro untuk pengujian. Pengujian yang dilakukan bersama-sama dengan SPFC dari Angkatan Udara di 1999-2001, dengan produksi pertama 10 Su-30MKK, pesawat dikirimkan ke pelanggan pada bulan Desember 2000.
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30MKK

 Highlights desain Su-30MKK  :

    Pesawat ini memiliki peralatan upgrade dari manufaktur Rusia, yang meliputi versi radar baru dengan tujuan dan sasaran pemetaan kemampuan; OSTS dengan target penyinaran menggunakan laser beam; sistem GPS, dan LCD multi fungi berwarna di kokpit, dll
    ADO line-up telah ditingkatkan dengan penambahan RVV-AYe air-to-air guided missile; Kh-29L/T/TYe, Kh-31P, Kh-59M air-to-ground missiles; dan KAB-500 dan KAB-1500 guided bombs. Su-30MKK telah digunakan sebagai dasar untuk menghasilkan suatu versi upgrade, maka Su-30MK2, yang berbeda dari versi terdahulu dalam  konfigurasi sistem senjata dan peralatan; pesawat dari jenis ini telah diserahkan kepada Cina pada tahun 2003. Selain itu, Su-30MK merupakan jenis pesawat yang telah dikirim ke Indonesia pada tahun 2003

Beberapa Varian :
-Su-27PU
-Su-30
-Su-30K
-Su-30KI
-Sukhoi Su-30KN (Sukhoi Su-30KN adalah pesawat tempur multirole upgrade pengembangan dari pesawat tempur interceptor long range Su-30K, dibuat oleh Irkut Corporation bersama-sama dengan Biro Desain Sukhoi dan Angkatan Udara Rusia, yang telah disertifikasi pada tahun 2002. Pesawat Su-30KN mampu menyelesaikan berbagai misi tempur pada jarak yang signifikan, dalam kondisi cuaca dan lingkungan yang buruk, baik siang maupun malam.)
-Su-30M
-Sukhoi Su-30MK (Sukhoi Su-30MK adalah pesawat tempur serbaguna kursi ganda merupakan modifikasi dari Su-27SK diproduksi serial sejak tahun 1999. Pesawat tempur ini dirancang untuk mendapatkan keunggulan udara melalui kemampuan menghancurkan pesawat berawak dan tak berawak dengan peluru kendali dalam pertempuran jarak menengah dan dogfights. Selain itu pesawat tempur dapat dioperasikan untuk melakukan pengintaian udara, dan pelatihan untuk mengoperasikan pesawat dan meluncurkan senjata.)
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C
-Su-30M2
-Sukhoi Su-30MKI
-Sukhoi Su-30MKK
-Sukhoi Su-30MKM
-Su-30MKA
-Su-30SM
-Su-30MK2
-Su-30MKV
-Su-30MK2V
-Su-30MK3

Negara-negara Operator :

 - Aljazair
 - Republik Rakyat Tiongkok
 - India
 - Indonesia
 - Malaysia
 - Rusia
 - Uganda
 - Venezuela
 - Vietnam

Spesifikasi (Su-27PU/Su-30)
Data dari KNAAPO Su-30MK page, Sukhoi Su-30MK page,  Gordon and Davison

Ciri-ciri umum :


    Kru: 2
    Panjang: 21.935 m (72.97 ft)
    Rentang sayap: 14.7 m (48.2 ft)
    Tinggi: 6.36 m (20.85 ft)
    Luas sayap: 62.0 m² (667 ft²)
    Berat kosong: 17,700 kg (39,021 lb)
    Berat isi: 24,900 kg (54,900 lb)
    Berat maksimum saat lepas landas: 34,500 kg (76,060 lb)
    Mesin: 2 × AL-31FL low-bypass turbofans
        Dorongan kering: masing-masing 7,600 kgf (74.5 kN, 16,750 lbf)
        Dorongan dengan After burner : masing-masing 12,500 kgf (122.58 kN, 27,560 lbf)

Kinerja :

    Laju maksimum: Mach 2.0 (2,120 km/h, 1,320 mph)
    Jangkauan: 3,000 km (1,620 nmi) at altitude
    Langit-langit batas: 17,300 m (56,800 ft)
    Laju tanjak: 230 m/s (45,275 ft/min)
    Beban sayap: 401 kg/m² (82.3 lb/ft²)
    Dorongan/berat: 1.0

Persenjataan :

    Guns: 1 × GSh-30-1 gun (kaliber 30 mm, 150 peluru)
    AAMs: 6 × R-27ER1 (AA-10C), 2 × R-27ET1 (AA-10D), 6 × R-73E (AA-11), 6 × R-77 RVV-AE(AA-12)
    ASMs: 6 misil antiradar Kh-31P/Kh-31A, 6 misil berpemandu laser Kh-29T/L, 2 × Kh-59ME
    Aerial bombs: 6 × KAB 500KR, 3 × KAB-1500KR, 8 × FAB-500T, 28 × OFAB-250-270

Tipe     Pesawat Tempur Multifungsi
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Sukhoi Su-30  Flanker-C
Terbang perdana     1989
Diperkenalkan     1992
Status     Aktif
Pengguna utama     Rusia
Pengguna lain
- India
-Tiongkok
- Malaysia
- Indonesia
Harga satuan     US$33-$45 juta
Acuan dasar     Su-27

Sumber :
- ausairpower.net
- livemint.com
- indiawest.com
- mypcwallpaper.com
- defenceforumindia.com
- wp.scn.ru
- military.wikia.com
- aviationgraphic.com
- sinodefence.com
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |