PingMyLinks.com - FREE Website Submission Mengenal Kecanggihan Jet Tempur Multirole F-16V (Viper) | Pecinta Militer Pecinta Militer: Mengenal Kecanggihan Jet Tempur Multirole F-16V (Viper) />

SUBSCRIBE FOR MORE VIDEOS

Thursday 27 October 2016

Mengenal Kecanggihan Jet Tempur Multirole F-16V (Viper)


Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 
F-16V atau Viper merupakan varian terbaru pesawat tempur multi-peran dari F-16 Fighting Falcon generasi keempat,  yang diproduksi oleh Lockheed Martin. F-16V memiliki panjang 15 meter, tinggi 5 meter dan lebar sayap 9 meter.
Pesawat tersebut menggunakan sistem kemudi fly-by fire yang artinya pesawat memiliki kemampuan menanjak, berputar dengan kecepatan maksimum mencapai 2.414 kilometer per jam. Bukan hanya itu bentuk canopy yang menggelembung juga memberikan kemudahan bagi pilot untuk mendapatkan ruang pandang luas dan baik. Viper mengintegrasikan kemampuan canggih sebagai bagian dari paket upgrade untuk lebih beroperasi dengan pesawat tempur generasi kelima, termasuk F-35 dan F-22.

Sebagai pesawat tempur multi peran generasi keempat, F-16V dapat digunakan dalam  misi menekan pertahanan udara musuh / Suppression of Enemy Air Defenses (SEAD), pertempuran udara ke darat dan udara ke udara, misi pencegatan maritim, mampu mendeteksi dan melacak target yang sulit ditemukan dalam segala kondisi dan cuaca. Versi terbaru dari F-16 ini memperkenalkan berbagai perangkat tambahan mutakhir.

Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 
F-16V terbang pertama kali dengan membawa radar active electronically scaned array (AESA) Grumman APG-83 dan Northrop Scalable Agile Beam Radar (SABR) pada minggu ketiga Oktober 2015. APG-83 memberikan visi detail tak tertandingi dari segi area target bagi pilot dan menampilkan peta digital digabungkan dengan sistem IRST, SABR adalah merupakan radar fire control yang akan memberikan kemampuan lebih maju dalam hal radar udara ke darat dan udara ke udara pada pesawat F-16Viper ini . Teknologi ini sangat ampuh dalam menghadapi ancaman canggih.  Avionik juga ditingkatkan dengan layar raksasa sentral 6x8 Pusat Tumpuan Display  / Center Pedestal Display  (CPD).  CPD ini berfungsi meningkatkan kewaspadaan situasional bagi awak  dengan mendukung pemrosesan data  dan pencitraan untuk keselamatan penerbangan secara real-time. Dilengkapi juga dengan Helmet Mounted Cueing System (HMCS), dan bus data dengan volume dan kecepatan tinggi, kemampuan operasional ditingkatkan melalui sistem baru Link-16 "Theater Data Link", yang telah terupgrade, identifikasi kawan atau lawan (Identification Friend or Foe / IFF) dan  radio komunikasi HF / UHF / VHF.Modular misi komputer (modular mission computer / MMC) yang mempunyai kinerja tinggi pada F-16V adalah pengganti dari tiga komputer asli. modular misi komputer (MMC) ini memberikan daya komputasi yang lebih tinggi untuk sistem avionik dan senjata, memberikan  kemampuan dalam peningkatan kewaspadaan situasional, kinerja serangan dari udara ke udara, penargetan dan informasi yang akurat. arsitektur berbasis ethernet gigabit memungkinkan kontrol elektronik menampilkan sistem perang dan avionik pada pesawat.
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 

Jet tempur canggih ini juga dilengkapi dengan navigasi presisi GPS dan sistem untuk menghindari tumbukan dengan daratan secara otomatis / Automatic Ground Collision Avoidance System (AGCAS), yang memberikan peringatan bagi pilot posisi pesawat dekat dengan tanah dan mengendalikan pesawat untuk menghindari tabrakan dalam kasus pilot tidak mampu merespon isyarat visual.
Selain sejumlah besar perangkat lunak yang umum dengan F-22 dan F-35. Kesamaan ini memungkinkan sistem untuk membuat F-16V kompatibel untuk pertukaran data dengan dua perangkat lainnya. Kemudian penggunaan penggunaan radar Northrop Grumman AESA APG-83 Active Array Radar ke F-16 yang juga digunakan oleh F-22 dan F-35 yang memiliki kemampuan melacak 20 target secara bersamaan, kemampuan yang jarang dimiliki oleh pesawat generasi 4.5.
Radar ini juga dapat menghasilkan peta radar aperture sintetis resolusi 1ft dan memiliki jangkauan lebih besar yakni 160 mil laut terhadap target darat, radar tersebut saat ini juga digunakan oleh F-22 Raptor dan F-35 Lightning II.
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 

Cara kerja SABR (Scalable Agile Beam Radar) yaitu dengan pemindaian secara elektronik bukan lagi secara mekanik, sehingga sangat membantu menghemat waktu dalam mendeteksi sejumlah target dengan cepat dan secara bersamaan serta jarak yang lebih jauh. Prosesor penerima, exciter, dan fungsi semua berada dalam satu unit diganti. Dalam perhitungan Northrop, kemajuan setelah menggunakan radar ini akan meningkat hingga lima kali lebih besar dibandingkan dengan radar fire control yang dimiliki F-16 sebelumnya. Penargetan bisa dilakukan dalam segala cuaca dan akan meningkatkan kewaspadaan situasional bagi awak pesawat.
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 
Selain itu juga dilengkapi dengan “BIG SAR” yaitu Synthetic Aperture Radar yang akan memberi kemampuan bagi SABR untuk menjangkau wilayah yang lebih luas dan dengan definisi yang tinggi. Mode ini akan memberikan gambaran target secara detil bagi pilot karena menampilkan peta digital yang besarannya  dapat disesuaikan dengan zoom. Teknologi ini meminda peta secara otomatis dengan tepat untuk mencari dan mengklasifikasikan target.
F-16 Viper juga dilengkapi dengan cockpit Center Pedestal Display baru, komputer misi yang lebih canggih dan perangkat sistem misi lainnya. Teknologi ini diharapkan dapat memberikan lompatan besar dalam kemampuan pesawat. Sampai saat ini sudah ada lebih dari 4.550 F-16 yang tersebar di seluruh dunia.
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 

Sistem Persenjataan F-16V (Viper)
F-16V dapat dipersenjatai dengan berbagai rudal udara ke udara (AAM), termasuk  AAM  jarak pendek AIM-9 Sidewinder, Magic II dan ASRAAM, serta  AAM  jarak menengah AIM-7, Sky Flash dan AIM-120. Juga akan ditawarkan AAM berpemandu inframerah seperti AIM-9X, Python IV, AIM-132 ASRAAM dan IRIS-T.
Pesawat ini juga mendukung integrasi rudal anti-kapal 119 AGM / AGM-84 / AGM-65G, dan rudal udara-ke-darat taktis AGM-65 Maverick, serta  bom Paveway yang dipandu laser, bom GBU-15 dan Wind Corrected Munitions Dispenser (WCMD).
Sniper onboard, Advanced Targeting Pod (ATP) memberikan kemampuan  F-16V untuk menargetkan sasaran udara ke permukaan dan udara ke udara  yang tinggi, mendukung peluncuran semua senjata yang dipandu dengan laser dan GPS terhadap beberapa sasaran diam maupun bergerak. Pesawat ini dapat dintegrasikan dengan  sistem FLIR / laser serta pod pengintaian dan navigasi.
F-16 Viper dilengkapi dengan upgrade peralatan perang elektronik dan sistem ancaman peringatan modern, termasuk jammers, penerima peringatan ancaman, pod peralatan elektronik countermeasure, serta  dispenser  chaff and flare inframerah untuk melindungi diri dari  ancaman yang paling berbahaya dalam skenario perang di medan yang kompleks.
Kemudian  untuk mempermudah penguncian sasaran dan menembaknya dengan rual Raytheon AIM-9X Sidewinder, pilot juga akan dilengkapi dengan Joint Helmet Mounted Cueing System II (JHMCS II) .
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 

Mesin
Jet tempur ini didukung oleh satu Pratt & Whitney F100-PW-229 atau General Electric F110-GE-129 turbofan engine. F100- PW-229 mengembangkan dorong 29,100lb, sedangkan F110-GE-129 menghasilkan kekuatan 29,500lb sehingga memberikan kemampuan bagi pesawat dengan kecepatan maksimum Mach 2 dan jarak tempuh 1,740nmi.

Spesifikasi :
Mengenal  Kecanggihan Jet Tempur Multirole  F-16V (Viper)
 F-16V (Viper) 
Type : Pesawat tempur multi peran
Produsen : Lockheed Martin
Acuan Dasar : F-16 Fighting Falcon

Panjang : 15,03 meter
Tinggi : 5,09 meter
Lebar sayap : 10 meter
Berat Kosong : 9.207,9 kg
Berat saat Lepas landas : 21.772 kg
Kecepatan : Mach 2 (1.500 mph)
Jarak tempuh : 1.740 mi

Kelistrikan : One Pratt& Whitney F100-PW-200/220/229,  atau One General Electric F110=GE-100/129
Mesin : F110-GE-129 (29,500 lb) atau F100-PW-229 (29,100 lb)

(Dari berbagai sumber)
Like the Post? Share with your Friends:-

Pecinta Militer
Posted By: Pecinta Militer

0 comments:

POST A COMMENT

Contact Us

Name

Email *

Message *

 

Histats

Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Flag Country

Free counters!
Copyright © . PecintaMiliter. All Rights Reserved.
Designed by :- Pecinta Militer |